Pelajaran Berharga Hari Ini, Bersikap Tegas Itu Perlu

Hari ini hari pertama masuk siklus kedua koas... stase radiologi... kesan pertama adalah santai dan nggak terlalu menekan... aku merasa tenang karena sudah menemukan tempatku yang cocok, yaitu di IKM, sehingga radiologi terasa tanpa beban... aku melangkah dengan hati yang mantap dan tenang, nggak lagi terintimidasi... nggak lagi merasa minder... mungkin aku masih terlihat sama dari luar, lebih banyak diam dan mendengarkan... tapi dari dalam, aku telah berubah sedikit demi sedikit... metamorfosa.... aku telah mengalami pertumbuhan selama kurang lebih 10 bulan koas ini... proses yang tidak singkat tapi juga tidak terlalu cepat... cukuplah ukurannya...

Hari ini aku ketemu lagi sama ibu2 dan dua anaknya yang beberapa waktu lalu pernah aku kasih "ikan" untuk membantu pengobatan anaknya yang sakit... seperti yang sudah aku kuatirkan sebelumnya, memberi ikan bukanlah solusi yang tepat... ibu itu jadi terlalu tergantung padaku... aku bilang aja terus terang supaya ibu itu nggak terlalu tergantung padaku... aku nggak tahu gimana lagi harus menolongnya, tapi aku sudah melakukan hal yang benar yaitu jangan lagi ngasih ikan kepada mereka yang seharusnya dikasih kail... yah, pengalaman yang berharga untukku... orang miskin jangan terlalu dikasihani karena itu tidak akan membuat mereka menjadi lebih baik... orang miskin haruslah diberdayakan supaya mereka dapat beridiri di atas kaki sendiri sehingga nggak lagi bergantung pada belas kasihan orang lain... pertanyaannya, bagaimanakah caranya?

God, help me please to find the answer... thank you...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasta

Doa bagi Kota Tercinta

Yehova Zebaoth, TUHAN semesta alam.