After A While...

Hm hm... mulai lagi menuliskan sesuatu di sini setelah vakum sekian lama... apakah kemampuanku menulis mulai karatan? wedew... jangan deh... soalnya aku belum juga menghasilkan karya tulis dalam bentuk buku atau yang sejenisnya... jadi, aku masih perlu menulis lebih dan lebih lagi... lebih banyak, lebih berisi, lebih asyik, lebih gurih, lebih renyah, lebih nikmat... lho kok malah jadi seperti mau masak ya? Hehe... menulis memang seperti masak memasak... bagaimana meramu ide dan membumbuinya dengan kata-kata yang tepat... ngomong-ngomong tentang masak, hari ini kan hari Minggu... pagi sampai siang ini aku sama ibu nggak ada jadwal ngiringi gereja... jadwalnya nanti sore jam 16.00... jaga IGD pun masih nanti malam jam 22.00... ibu dulu pernah bilang kalau pingin ngajari aku masak nasi goreng... wah jadi pingin... tapi targetku hari ini pun nggak sedikit... aku masih harus membaca Alkitab BIS untuk tiga hari yang keteteran ini, menulis sesuatu, membaca-baca buku, merapikan dokumen... Hmmm... sepertinya masak memasaknya lain kali saja...

Sudah memasuki bulan ke-8 di Bethesda... Sudah hampir setahun... Apa saja yang sudah kupelajari ya? Makin tambah apa saja? Dibandingkan waktu pertama kali masuk dulu, aku sudah mengalami kemajuan apa saja ya? Hmmm... Let's see... sampai sejauh ini, tingkat kepercayaan diriku sedikit lebih tinggi dibandingkan waktu pertama kali menginjakkan kaki di IGD Bethesda... dulu sebulan pertama, aku cuma celingak celinguk ngeliatin senior dan para perawat yang wira wiri kerja... sekarang, aku sudah lebih berani sedikit... ya, sedikit... karena aku jujur masih belum cukup antusias menangani pasien-pasien yang datang mencari pertolongan... aku masih 'pilih-pilih' pasien... setiap kali ada yang datang, aku merasa sangat tidak bersemangat... padahal, tidak boleh seperti itu kan... meskipun aku nggak suka jadi dokter, aku tetap harus menjaga nama baik RS Bethesda dan lebih megutamakan kepentingan pasien... do no harm... begitu kan? Kasihan kan nanti pasiennya kalau dokter yang menangani ternyata cuma asal-asalan dan setengah hati saja melayaninya... Coba bayangkan kalau aku sendiri yang jadi pasien... Hmmm... Ngomong atau nulis sih mudah, tapi gimana melakoninya? Think about this... ^^

Sebulan terakhir ini aku ngadem di Kamar Operasi, ngikuti SMF Anestesi dengan target bisa melakukan intubasi endotrakheal secara gentle and smooth... Dari sekian banyak pasien, aku cuma berhasil melakukan intubasi empat atau lima kali... itu pun dibantu... yang murni berhasil mungkin cuma satu... wew... Thanks to dokter-dokter spesialis anestesi dan para perawat yang baik hati dan tidak sombong serta rajin menabung itu... Kamar Operasi jadi tempat yang asyik dan menyenangkan... semoga aku nggak makin gemuk karena tiap siang pasti makan jatah makanan yang disediakan oleh instalasi gizi... Jujur, sebenarnya aku senang ngadem di Kamar Operasi karena bisa menghindar sejenak dari suasana hectic di IGD... entah kenapa aku paling nggak suka dengan suasana hectic di IGD... sepertinya siapa pun juga nggak suka... tapi mau bagaimana lagi? Kalau IGD sepi, rumah sakit yang rugi... yah, inilah yang dinamakan dengan umpan balik positif... tahu kan maksudnya? Ingat-ingat lagi deh pelajaran fisiologi dulu... ^^

Satu hal yang masih menjadi PR-ku... aku masih belum bisa menjawab dengan penuh keyakinan setiap kali ditanyakan mau lanjut ke mana... rata-rata sebagian besar orang pasti beranggapan bahwa aku akan lanjut ke spesialis tertentu... Buat aku sendiri, aku masih tidak kepingin juga ambil spesialis. Masih kekeuh dengan IKM. Apa mungkin ini cuma semacam mekanisme pelarian dari kenyataan? Semoga tidak... pertanyaannya, kalau benar IKM, terus minat utamanya apa? Ke depannya mau seperti apa? Itu yang perlu aku pertimbangkan dan pergumulkan sungguh-sungguh saat ini...

Tuhan kiranya memberkati kita semua... Haleluya... amin!!!!!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasta

Doa bagi Kota Tercinta

Yehova Zebaoth, TUHAN semesta alam.