Refleksi Hasil Belajar Seminggu

Setelah sukses dengan kesibukan seminggu penuh makna, aku mau sedikit merefleksikan apa saja yang kulalui. Bagaimana aku bisa menyelesaikan semua hal tersebut? Sederhana saja, yaitu dengan melakukan perencanaan sebelum bekerja. Aku menuliskan apa saja yang akan kulakukan hari itu dan batas waktu penyelesaiannya. Setelah menuliskannya di secarik kertas, aku mengerjakannya satu per satu dengan penuh perhatian dan semangat. Kemudian, aku membubuhkan tanda centang pada poin atau item yang telah selesai kukerjakan. Rasanya sangat menyegarkan, sangat jauh dari jenuh karena rutinitas. Aku sama sekali tidak merasa sedang melakukan hal-hal rutin yang menjemukan. Sebaliknya, semua hal yang kukerjakan serasa penjelajahan jiwa yang sangatlah menarik. Banyak hal yang singgah dalam benakku yang sedang dalam modus pembelajaran.

Dengan menumbuhkan dan menggelorakan semangat belajar, segala hal yang kukerjakan berubah menjadi bahan pelajaran. Aku yang tidak suka atau alergi dengan istilah 'bekerja' (karena identik dengan perbudakan untuk mengejar uang--menurutku), menjadi sangat menikmati apa pun yang ada di depanku. Kedua tanganku siap mematuhi setiap perintah otak dengan sigap. Kedua kakiku melangkah dengan pasti karena dalam pikiranku telah ada tujuan yang jelas. Aku seakan mempunyai peta jalan yang sangat akurat dengan tambahan aplikasi suara hati yang menyatakan demikian, "Inilah jalannya, berjalanlah!".

Dengan penuh semangat, aku belajar berkomunikasi verbal dengan orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Tidak ada rasa ragu atau minder. Bahkan ketika aku harus menjelaskan rencanaku seminggu ke depan kepada atasan, aku dimampukan untuk menyampaikan jawaban dengan tegas dan asertif. Selamat tinggal kepada rasa rendah diri yang memuakkan. Selamat datang kepada rasa percaya diri yang membanggakan. Kuncinya adalah percaya penuh kepada TUHAN dan lakukan sesuai rencana dengan penuh keberanian. Maka, aku menyaksikan sendiri bagaimana keajaiban itu terjadi dalam hidupku.

Demikianlah hasil pembelajaranku yang bisa kubagikan saat ini. Hari esok yang penuh harapan telah menungguku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasta

Doa bagi Kota Tercinta

Yehova Zebaoth, TUHAN semesta alam.