Pivot Tabel = Harta Karun

Menemukan fitur pivot table di excell bak menemukan harta karun

Itulah salah satu manfaat yang kuperoleh dari belajar di Magister Manajemen Rumah Sakit FKKMK UGM. Saya mengenal pivot tabel berkat materi kuliah tentang logistik. Dosen mata kuliah logistik menugaskan kami para mahasiswa untuk mengelompokkan item dalam file excell menjadi 3 kelompok besar berdasarikan kuantitas dan harga. Masalahnya, volume data dalam file excell itu sangatlah besar. Bagaimana bisa mengelompokkannya dalam waktu yang singkat? Dengan sort dan filter saja bisa memakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari. Bersyukur ada seorang teman yang sudah sangat familier menggunakan excell, sebut saja namanya PakYudhie. Pak Yudhie inilah yang mengajarkan kepada kami sekelas tentang pivot tabel. Dengan pivot tabel itu, tugas pak dosen dapat kami selesaikan dalam waktu sekitar satu jam saja. Luar biasa!

Apa itu pivot table

Dari laman Wikipedia bahasa Inggris yang saya akses pada tanggal 1 Desember 2019 jam 16:34 WIB, saya memperolah informasi sebagai berikut:
pivot table is a table of statistics that summarizes the data of a more extensive table (such as from a databasespreadsheet, or business intelligence program). This summary might include sums, averages, or other statistics, which the pivot table groups together in a meaningful way.
Pivot tables are a technique in data processing. They enable a person to arrange and rearrange (or "pivot") statistics in order to draw attention to useful information.
Although pivot table is a generic term, Microsoft trademarked PivotTable in the United States in 1994.
Secara sederhana, pivot tabel adalah teknik proses data dalam aplikasi sejenis spreadsheet yang dapat merekap, mengelompokkan, dan menghitung data sesuai dengan yang kita inginkan dalam waktu singkat.

Berikut ini saya bagikan tautan tutorial pivot tabel dari laman resminya:
https://support.office.com/en-us/article/create-a-pivottable-to-analyze-worksheet-data-a9a84538-bfe9-40a9-a8e9-f99134456576

Manfaat yang paling bermakna

Saya yang sekian lama mengerjakan data audit rekam medis tertutup, audit klinis, dan rekap data mutu di gugus tugas rumah sakit, merasa sangat terbantu dengan pivot tabel ini. Untuk data audit rekam medis terutup yang harus saya rekap dan sort hasilnya menurut kelompok staf medis dan nama dokter penanggung jawab pasien, pekerjaan yang biasanya membutuhkan waktu 3-5 hari dapat saya selesaikan dalam 2 jam saja. Betapa powerful-nya!

Refleksi

Sebenarnya pivot tabel ini sudah ada sejak lama, namun saya baru mengenalnya beberapa waktu ini. Seandainya mengetahui lebih awal, tentu saya bisa bekerja lebih cepat dan waktu yang ada bisa saya manfaatkan untuk kegiatan produktif dan bermakna lainnya. Tapi saya bersyukur karena ada orang-orang baik yang senang berbagi ilmu. Pak Yudhie yang membagikan tentang pivot tabel itu juga ikut senang saat saya ceritakan pengalaman saya mengaplikasikan pivot tabel. Dia bercerita bahwa pivot tabel ini pun diketahuinya berkat orang baik lainnya yang dengan senang hati berbagi. Saya jadi bersemangat untuk berbagi ilmu dan pengetahuan yang berguna untuk meningkatkan kinerja.

Rencana tindak lanjut

Saya terus menggali dan menggunakan pivot tabel dan berbagai fitur yang ada di aplikasi komputer pengolah data. Sambil belajar, saya menularkan hal-hal baik kepada rekan-rekan kerja. Kita kerja bersama, menikmati proses dan hasilnya bersama, dan memuliakan Tuhan bersama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasta

Doa bagi Kota Tercinta

Yehova Zebaoth, TUHAN semesta alam.