Kamis, 10 Januari 2013

Belajar Hal Baru


Pagi menjelang siang hari, di sebuah kamar yang lumayan rapi, Sista Mimi sedang membagikan hasil penemuannya kepada Sang Kakak Sulung, Bro JC. Hari ini Sista Mimi berhasil menemukan cara mengusir kebosanan. Apakah itu? Mari kita lihat eh baca sama-sama. Tu... wa... ga... goooo....!!! ^^
Sista Mimi           : Mas Bro! Mas Bro!
Bro JC                    : Hei he! Ada apa, adike? Semangat banget!
Sista Mimi           : ya iya lah, wong diri-Mu yang menyuruhku untuk semangat. Hehe...
Bro JC                    : wo, iya ya... hehe... sip sip! Ada apa ini? Ini ada apa?
Sista Mimi              : begini... berhubung beberapa hari ini aku di rumah seharian, walhasil aku pun menjadi bosan.
Bro JC                      : wo, bosan to?
Sista Mimi              : iya, bosan! Mau apa-apa rasanya kok aras-arasen.
Bro JC                      : terus? Terus?
Sista Mimi              : Ya untuk mengusir rasa bosan yang menyiksa itu, aku secara ‘nggak sengaja’ menemukan cara jitunya.
Bro JC                      : apakah itu?
Sista Mimi              : ini dia! Eng ing eeeeeng....!
Bro JC                      : mana? Mana? Gak kelihatan!
Sista Mimi              : hehe... tentu saja! Wong bukan merupakan barang. Ini adalah penemuan! Langsung saja... yaitu... temukan satu hal baru yang menarik dan lakukan itu segera!
Bro JC                      : woooow (ancang-ancang mau koprol)
Sista Mimi              : udah deh, Mas Bro, nggak usah berlebihan gitu... emange diri-Mu itu Sule? ^^
Bro JC                      : wkwkwk...
Sista Mimi              : kwkwkw...
Bro JC                      : ^^ hehe... coba terangken ke Mas Bromu ini perihal penemuanmu itu, adike!
Sista Mimi              : ok... begini ceritanya... Hari ini aku mencoba belajar main musik ala jazz. Aku belajar bermain dengan irama jazz sederhana. Lagu ciptaanku, lagu-lagu kidung jemaat, aku coba mainkan dengan irama jazz.
Bro JC                      : wow
Sista Mimi              : Rasanya asyik sekali! Aku sangat senang! Apakah ini efek dari musik jazz, Mas Bro?
Bro JC                      : nggak juga... itu karena kamu antusias mempelajari hal baru yang tidak biasa, makanya kamu jadi senang dan semangat.
Sista Mimi              : oow gitu (manggut-manggut)
Bro JC                      : iya, gitu... (manggut-manggut) ^^
Sista Mimi              : nggak salah aku dulu beli buku belajar musik jazz... ^^ aku jadi bisa belajar dengan asyik, seperti bermain-main saja. Hehe...
Bro JC                      : itulah, kalau belajar dengan hati senang tanpa paksaan dari luar ^^
Sista Mimi              : dapatkah perasaan senang dan semangat ini hilang atau pudar, Mas Bro?
Bro JC                      : ya, dapat...
Sista Mimi              : bagaimana caranya supaya tidak hilang?
Bro JC                      : usahakan dirimu untuk selalu tune dalam semangat belajar, temukan selalu hal-hal baru atau menarik untuk dipelajari.
Sista Mimi              : wow... keren betul nasihat-Mu, Mas Bro!
Bro JC                      : hehe... gini-gini, aku pernah punya murid privat sampai 12 lho... ^^
Sista Mimi              : wo iya ya... hehe... jadilah guruku juga, Mas Bro!
Bro JC                      : tentu saja, asal kamu bersedia pula jadi murid-Ku!
Sista Mimi              : aku mau... aku mau!
Bro JC                      : sip... sip... siap-siap untuk terima pelajaran-pelajaran berharga dariku, ya!
Sista Mimi              : wah, pasti seru!
Bro JC                      : dijamin! Karena setiap pelajaran adalah kejutan, Kuberikan sesuai dengan waktu-Ku... ^^
Sista Mimi              : wooow (siap-siap mau koprol)
Bro JC                      : ^^ wkwkwkwk
Sista Mimi              : (nggak jadi koprol) ^^
Bro JC                      : ada lagikah yang mau disampaikan, adike?
Sista Mimi              : sementara itu dulu, Mas Bro. Nanti kalau ada lagi, aku cerita lagi...
Bro JC                      : sipo sipo...
Sista Mimi              : wokepo... mantapo...
Bro JC                      : kok mirip sama seseorang ya?
Sista Mimi              : iya, aku copy paste gayanya aja, Mas Bro...
Bro JC                      : wo... plagiat...
Sista Mimi              : kan bukan skripsi... hehe... ^^
Bro JC                      : ^^ hehe, iya... iya... selamat belajar!
Sista Mimi              : ^^ ok ok... selamat mengajar!
Dan begitulah ceritanya. Kegiatan belajar mengajar tentang kehidupan antara Bro JC dan Sista Mimi pun berlangsung terus sampai kepada kekekalan. ^^

Rabu, 09 Januari 2013

Kegelisahan Minus Kegaduhan


Masih berkutat di tempat yang sama sejak pagi, siang, hingga sore hari ini. Sista Mimi benar-benar heran, bagaimana bisa waktu berjalan sebegitu cepatnya. Tahu-tahu hari sudah mau beranjak malam. Padahal sepertinya baru sedetik yang lalu ia bangun pagi. Kegelisahan hati Sista Mimi pun hendak disampaikannya kepada Bro JC, Sang Kakak Sulung yang paling bijak.
(Suasana hening namun agak sumuk karena AC-nya mati, kabelnya kegeser-geser, Sista Mimi tidak tahu cara membetulkannya. Maklum, bukan kompetensinya.)
Sista Mimi           : Mas Bro, Mas Bro!
Bro JC                    : Yo, wazzap, sis?
Sista Mimi           : ampun, Mas Bro ini, gaulnya... abiiizzzz...
Bro JC                    : hehe... jangan gitu, Aku kan selalu berjiwa muda!
Sista Mimi           : ngakunya... padahal paling tua lho!
Bro JC                    : husssh... jangan buka-buka rahasia dunk!
Sista Mimi           : apanya yang rahasia? Di Wahyu aja tertulis dengan jelas, cetha wela-wela!
Bro JC                    : memangnya si Wahyu nulis apa?
Sista Mimi              : Bukan si Wahyu... itu wahyu dari-Mu yang dituliskan oleh Pakde Yohanes itu lho... mosok lali!!!
Bro JC                      : hehe... just kidding! Aja sepaneng! Santai, tenang, relax, pejamkan mata...
Sista Mimi              : wets... stop! Mosok arep dihipnotis? Mas Bro ini jan... ckckck...
Bro JC                      : ^^
Sista Mimi              : nyengir lagi!
Bro JC                      : yo wis, sing tuwa ngalah... balik lagi ke Wahyu tulisannya Yohanes... emange Yohanes nulis apa to?
Sista Mimi              : di situ dilukiskan bahwa diri-Mu itu rambutnya putih metah... berarti kan sudah tuaaaaaa bangeeeet... ^^ hayooo... ngaku...
Bro JC                      : wo, iya ya...  emang betul demikian... amin... ^^
Sista Mimi              : weleh... betul-betul jujur ya diri-Mu itu, Mas Bro!
Bro JC                      : tentu saja! Aku paling tidak bisa berbohong! Hehe...
Sista Mimi              : ya iyalah... mosok Jalan, Kebenaran, dan Hidup bisa berbohong? Absurd banget itu!
Bro JC                      : ^^ makasih buat pujiannya ^^
Sista Mimi              : Dan mengenai ketuaan-Mu, eh maksudku usia-Mu yang tuaaaaaaa bangggeeeeeet itu, Pakde Yohanes juga sudah menuliskannya secara apik bianget di kitab Injilnya itu.
Bro JC                      : coba ceritaken, adike... ^^
Sista Mimi              : diceritakan oleh Pakde Yohanes bahwa diri-Mu sudah ada sejak pada mulanya... untuk lebih jelasnya, silaken baca Yohanes 1 dengan hati yang gembira... ^^
Bro JC                      : wooo... lha kok ngono?
Sista Mimi              : lha piye ya? Lagi gelisah tapi nggak gaduh nih, Mas Bro!
Bro JC                      : piye itu, gelisah tapi nggak gaduh?
Sista Mimi              : Gelisah karena waktu berlalu dengan konstan sementara aku nggak bergerak ke mana-mana. Di siniiiiiii, terus.
Bro JC                      : ini maksudnya secara harafiah atau kiasan?
Sista Mimi              : secara harafiah.
Bro JC                      : o i c... Kok bisa?
Sista Mimi              : iya, ceritanya kan aku lagi sakit cacar air alias Varicela. Nah, berhubung aku belum boleh masuk kerja alias harus rest di rumah, maka jadilah aku di rumah. Di rumah pun aku gak boleh deket-deket sama bayi, Asa, karena bisa ketularan nantinya. Bosen banget deh... T_T
Bro JC                      : ^^
Sista Mimi              : dua tiga hari pertama, aku banyak tidur karena emang bawaannya ngantuks bangets. Hari-hari berikutnya, aku bisa lebih banyak bangun tapi kurang kegiatan. Hari-hari ini, aku bisa lebih banyak kegiatan seperti membaca, ngenet, dan terakhir ini, menulis. Tapi rasanya seperti ada yang kurang!
Bro JC                      : ^^
Sista Mimi              : Mas Bro pasti tahu... lha nyengir-nyengir begitu...
Bro JC                      : ^^ hehe
Sista Mimi              : iya, iya... aku juga tahu... yang kurang adalah waktuku bersamaMu yang lebih eksklusif, tidak terganggu oleh yang lain-lain.
Bro JC                      : ^^
Sista Mimi              : mungkin ini cara-Mu membuatku atau memaksaku untuk benar-benar bisa berdua saja dengan-Mu. Dengan dikasih rest berhari-hari ini, aku jadi punya banyak waktu luang untuk duduk diam mencari wajah-Mu, mendengar suara-Mu. Dengan cacar air ini, untuk sementara aku tidak disibukkan dengan mengurus si bayi Asa.
Bro JC                      : ^^
Sista Mimi              : Jadi, daripada mengeluh karen tidak bisa ngapa-ngapain, sebaiknya aku bersyukur karena aku diberi waktu yang cukup banyak untuk bersekutu dengan-Mu, Mas Bro. Bukankah demikian?
Bro JC                      : ^^ setujuuuuu....
Sista Mimi              : ^^
Bro JC                      : sip sip... jempol jempol!!!
Sista Mimi              : o iya, Mas Bro... ada banyak hal yang ingin kusampaikan sama diri-Mu.
Bro JC                      : boleh, tapi kertasnya sudah sangat banyak ini... ganti di kertas lain lagi aja ya... wis kedawan... hehe... ^^
Sista Mimi              : wo ya... ok ok...
Bro JC                      : yuk...

Dan demikianlah. Kegelisahan Sista Mimi berbuahkan persekutuan yang manis dan renyah bersama Bro JC-nya. Tertarik dengan kelanjutannya? Yuk...mari doakan supaya Sista Mimi sukses menuliskannya. ^^

Obrolan Tidak Mutu: Varicela


Di sebuah kamar yang agak umpeg-umpegan, Sista Mimi sedang memulai kembali aktivitas bermaknanya yaitu menulis dan membaca. Kali ini, Sista Mimi mencoba mengobrol kembali dengan Sang Kakak Sulung, Bro JC. Ini dia obrolannya.
Sista Mimi           : Bro, Mas Bro...
Bro JC                    : Iya, iya, adike... ana apa ta? Aku mbok dicritani... ^^
Sista Mimi           : Sebelumnya, selamat tahun baru!
Bro JC                    : Selamat tahun baru juga!
Sista Mimi              : Selamat berjumpa kembali di media ini, dialog di atas kertas begini... ^^ Apa kabar, Mas Bro? Lama tidak chatting ya... ^^
Bro JC                      : sae, sae, tansah binerkahan! Bagaimana pula dengan dirimu, adike? Sama-sama juga to? Iya, lamaaaa banget kita gak ngobrol-ngobrol ngalor ngidul di atas kertas... kangen deh... ^^
Sista Mimi              : tansah binerkahan ugi, Mas Bro! ^^
Bro JC                      : sik, sik... nek Aku perhatikan, ada yang beda deh. Itu kenapa hayo kok bintil-bintil di seluruh tubuh dari ujung kepala sampai ke ujung kaki?
Sista Mimi              : wooo... mosok gak tahu? Ini pasti pura-pura dalam perahu, kura-kura tidak tahu!
Bro JC                      : hehe... jelas! Aku kan serba tahu! Tapi, supaya obrolan ini lebih hidup, aku mau pura-pura dalam perahu aja ah. Hehe...
Sista Mimi              : wooo... gitu ya... ya wis, sing lara ngalah...
Bro JC                      : wkwkwkwk
Sista Mimi              : kwkwkwkw
Bro JC                      : ^^ hihi... (tertawa kegelian)
Sista Mimi              : ini namanya Varicela, Mas Bro!
Bro JC                      : wo, apik ya!
Sista Mimi              :apik apik... gatele itu lho... kaya ngene kok apik? Apik dari mana? Dari Korea? Suju dunk kalau begitu! ^^
Bro JC                      :weleh weleh... dipuji kok gak mau?
Sista Mimi              : wo itu tadi memuji to?
Bro JC                      : ^^
Sista Mimi              : ^^
Bro JC                      : Ok, terangken ke Kakangmu ini, apakah itu yang dinamakan dengan Varicela, adike... ^^
Sista Mimi              : waduuuh... mosok gak tahu lagi?!? Njenengan niku kan Gusti Pangeran ingkang Kagungan Swarga lan Donya... mosok gak tahu?!?
Bro JC                      : Aku kan kura-kura tidak tahu...
Sista Mimi              : Kura-kura memang tidak tahu... ^^
Bro JC                      : Ayo, terangna! Selak udan!
Sista Mimi              : ok, ok... takut kudanan ya? ^^
Bro JC                      : Gak takut kok yeee... Aku mung pingin hujan-hujanan... ^^
Sista Mimi              : Wooo... kok kayak bocah?
Bro JC                      : Lha biarin, aku kan yang empunya Kerajaan Surga! Hehehehe...
Sista Mimi              : Wislah, ngalah meneh aku...
Bro JC                      : Ayoooo, gek ceritaaaa!!!
Sista Mimi              : Hihi... iya iya... begini ceritanya... Varicela itu adalah nama penyakit akibat virus. Masih saudaraan sama herpes.
Bro JC                      : wo, kakak adik to?
Sista Mimi              : iya, kaya kita ini, Mas Bro!
Bro JC                      : woooo, yang kakak yang mana? Si V apa si H?
Sista Mimi              : mbuh, ra weruh. Kok tanyanya gak mutu gitu to?
Bro JC                      : Hehe... yang penting kan berani tanya, yeee...
Sista Mimi              : Wo ini nyindir namanya...
Bro JC                      : hehe... merasa kesindir nih ye....
Sista Mimi              : yo wis, ceritanya selesai... tamat
Bro JC                      : Lha, piye to? Baru juga mulai... si kakak Varicela dan si adik Herpes itu trus bagaimana nasibnya? Orang tuanya ke mana?
Sista Mimi              : gak ada orang tuanya, wong berasal dari virus yang sama kok... virus mana punya orang tua?!?
Bro JC                      : Woo, mesakke ya... yatim piatu...
Sista Mimi              : karepmulah, Mas Bro... silakan komentar sebebas-bebasnya...
Bro JC                      : wo, ngambek nih yeeee....
Sista Mimi              : gak ngambek, mung memeng...
Bro JC                      : Yo wis... aku tak meneng wae...
Sista Mimi              : lho?
Bro JC                      : lha...
Sista Mimi              : hedeh... Mas Bro, Mas Bro...
Bro JC                      : ^^

Dan obrolan yang menurut manusia tidak mutu tapi menurut Mas Bro JC sangat menyenangkan itu pun terus berlanjut. Berlanjut dalam hati masing-masing. ^^

Pelem Kecut, 9 Januari 2013