Rabu, 30 April 2008

Jelang Malam di Akhir April

Sudah menjelang malam... film naruto sedang diputar di Global TV... ibu dan Yoyo lagi ngutak-atik printer yang kemarin ngadat... bapak klintar-klinter ke sana ke mari seperti biasanya, nggak ada ngomongnya, jadi berasa ilfil... kenapa sih bapak nggak pernah ngomong? Sekalinya ngomong selalu seperti orang yang mbentak atau marah2... hu uh... susah, susah, kalau mengharapkan bapak berubah...mau bagaimana lagi? Terpaksa harus selalu belajar untuk menerima bapak sebagaimana adanya bapak setiap hari... hu uh...

Aku hari ini tadi lagi banyak nulis, di blog sama di buku ijo keramat yang berisi kesan batin yang kurasakan setiap hari... rasanya jadi enak dan pingin terus dan terus nulis untuk kemudian dibaca-baca lagi di kemudian hari... hari ini sempat merasakan semacam euforia tadi siang, nggak tahu kenapa... aku manfaatin aja untuk nulis2 sebanyak-banyaknya dan jadilah tulisan yang lumayan panjang di buku ijo... semoga bermanfaat dan nggak merupakan pemborosan kertas yang nggak ada gunanya... hehe...

Selain nulis2, tadi siang aku juga sempat latihan piano sebentar... sebentar banget... cuma latihan Beethoven opus 2 no 1 bagian alegro aja, karena belum sempurna juga mainnya... terus main2 organ Yamaha Stagea EBS 01 sedikit... rasanya belum puas karena belum memaksimalkan semua potensi yang ada... jadi pingin main lagu2 lagi yang pake score yang canggih2 itu... tapi disimpen di mana ya partitur yang dulu pernah punya? Besok kapan2 dicari lagi ah, kangen pingin main2 lagi... hehe, jadi seperti artis yang sempat menghilang dari dunia hiburan televisi yang kemudian balik lagi karena kangen dengan hingar-bingarnya dunia panggung... itu juga sebabnya aku kembali menekuni dunia les2an piano... kangen...

Rencana untuk besok aku mau baca2 buku tentang pengantar konseling Kristen yang jilid 2, terus kalo cepet selesai, mau aku lanjutin yang jilid 1... itu semua untuk menghabiskan waktu luang yang masih amat sangat banyak ini supaya nggak terbuang percuma... sekalian nambah ilmu lagi... wish me luck ya God... amin...

Akhirnya...

Akhirnya... aku baru saja membetulkan pengaturan waktu ini blog supaya nggak ngaco lagi... sekarang nggak perlu lagi aku bilang kapan aku nulis tiap blog karena waktunya dah bener dan sesuai dengan yang sebenarnya... iki piye to kalimate, pengulangan yang tidak perlu, mubazir kata... hehe, jadi inget pelajaran bahasa Indonesia waktu SMA dulu... salah satu mata pelajaran favoritku karena aku merasa sangat enjoy dan senang setiap kali mendengarkan guru2 menerangkan dan bercerita... Sayang seribu sayang, dulu aku kurang banyak membaca karya sastra sehingga wawasanku cukup sempit... beda dengan sekarang, aku lumayan banyak baca2 novel kalo pas lagi ada banyak waktu luang... yah, seperti sekarang ini... besok2 kalo sudah koas kan waktu yang ada nggak sebebas dan seluang sekarang, jadi aku mau menikmati waktu2 yang ada ini dengan sebaik-baiknya...

Akhirnya... paket posnya si Yoyo datang lagi sebanyak sepuluh kerdus... berat2 oi isinya... isinya kebanyakan buku2 pelajaran, kaset2 bekas, sama novel2 bahasa Inggris yang dibeli Yoyo di Jepang lewat amazon dot com... Hmmm, lumayan, buat persediaan bacaan.... tapi kapan ya mbacanya? Liburanku tinggal sebentar sementara novelnya ada banyak... tebel2 pula... duh, gimana nih? Apa harus menunggu besok waktu liburan koas? Mana liburan koas cuma enam minggu nih... duh... give me a time supaya aku punya cukup waktu untuk melakukan hal2 yang kusukai, Tuhan, please... tentu aja aku juga harus melakukan hal2 benar dan yang sudah seharusnya kulakukan... lagi2 mubazir kata... hehe...

Akhirnya... hari terakhir di bulan April telah tiba... besok sudah memasuki bulan Mei... nggak terasa ya waktu berjalan begitu cepatnya... sudah empat bulan terlewati di tahun 2008 ini... tahun di mana hidupku dimulai dengan sesuatu yang baru, yang benar, yang mulia, yang suci, yang adil, dan yang sedap didengar... dan aku harus memikirkan semuanya itu supaya hidupku semakin bermakna dan aku nggak sesat arah lagi... Hmmm... tahun ini usiaku bakalan genap 24 tahun nih... terus kenapa? Yah, aku perlu mengevaluasi apa2 aja yang sudah aku lewati dan sudah aku pelajari selama ini... tapi gimana ya caranya? Ada ide? Hmmm lagi...

Selasa, 29 April 2008

Menikmati Selasa Malam yang Sumuk

Malam yang sumuk... sumuk itu rasanya gerah nggak nyaman kalo orang Jawa bilang... Om Romi baru saja pulang setelah dari sore sampai malam di rumah minta tolong untuk diketikin liturgi buat acara kebaktian kenaikan Tuhan Yesus tanggal 1 Mei besok... ya sudah deh, aku dengan senang hati membantu mengetikkan di laptop kecil dengan penuh perjuangan... bagaimana enggak, sampai dibantuin Yoyo sama ibu gara-gara printernya ngadat... dua2nya ngadat, yang Epson sama yang hp... hu uh... jadilah aku menyerah di tengah jalan setelah mengetikkan semua yang harus diketik dan menyerahkan urusan editing sama Yoyo... urusan editing plus ngeprintnya ding... aku pun segera mencari kesibukan lain yang cukup mengasyikkan yaitu main organ baru sambil mencoba-coba register menu yang ada... lumayan menyenangkan, lho, mencoba suara2 baru... aku mencoba main lagu2 pop sama lagu2 gereja dengan iringan yang wow, keren juga, dasar buatan Jepang... kenapa sih orang Jepang sedemikian pinternya dalam menciptakan sesuatu, baik itu karya seni maupun teknologi... kenapa aku nggak seperti orang Jepang yang kreatif dan ceria setiap waktu, ya... kerjaanku cuma molor sama main2 nggak jelas... hu uh... kapan majunya bangsa ini kalo akunya seperti ini terus? Hmmm... nggak ada tujuan yang jelas, klintar klinter ke sana ke mari nggak tahu apa yang harus dilakukan... that's me, sodara2... bener2 memalukan!!! Berubung besok lusa dah bulan Mei, dan tanggal 1 nya adalah peringatan kenaikan Tuhan Yesus ke surga, aku semestinya berusaha menemukan makna hidup yang berguna untuk membuat hidupku jadi lebih hidup lagi nih... tapi gimana ya caranya? Anybody can help me? Please? Hmmm... emangnya ada ya yang baca tulisan ini selain aku? Hehe...

Hari ini sudah aku habiskan dengan menolong dua orang yaitu Maria sama Om Romi, dan aku mangkir dari ngiringi latihan paduan suara Soli Gracia karena aku milih untuk mbantuin Om Romi... salah gak ya? Hmmm... dibilang salah sih iya juga, karena sebenernya aku bisa ngatur waktunya supaya nggak bentrok dengan jadwal latihan anak2... kasihan anak2 kalo nggak ada yang ngiringi.... kasihan Mbak Ni Luh sama Pak Yusak yang harus repot ngatur anak2 yang rata2 susah diatur... tapi sudahlah, sudah lewat juga... minggu depan aku bakalan datang, deh... lagian ini balasan karena kemarin Minggu anak2 nggak jadi ngisi padahal aku dah siap2 lho untuk ngiringi mereka nyanyi di gereja... untung aja aku juga pas jadwal ngiringi, jadinya nggak nyesel ikut kebaktian yang jam setengah tujuh pagi... hehe...

Bicara soal main musik, besok Sabtu jam satu aku ada jadwal les piano sama Bu Eritha di Sekolah Musik Sawokembar... akhirnya, setelah sekian lama libur nggak jelas... thank God... akhirnya aku ada kesibukan yang berarti meskipun jadi pengangguran terselubung... enak sih, nganggur... tapi untuk seterusnya, aku harus bangun dan berusaha untuk ceria dan menikmati hidup supaya hidupku jadi lebih bermakna, nggak sia2... God bless me please... amin...

Kisah di hari Selasa

Saat aku bangun, hari sudah tidak bisa dibilang pagi lagi... lebih tepatnya menjelang rembang tengah hari... beginilah kalo nggak ada kerjaan atau sedang nganggur... bangun tidur selalu siang, jarang paginya... malah kebalik, bangun pagi kalo hari Minggu aja, itu pun karena ada tugas ngiringi gereja... pengangguran terselubung nih, karena emang nggak ada kerjaan dan nggak termasuk angkatan kerja menurut teori ekonomi yang tadi aku baca sedikit... nggak termasuk angkatan kerja karena masih terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu, meskipun waktu2 yang ada sekarang belum dimanfaatkan sepenuhnya untuk belajar...

Hari Selasa siang, tanggal 29 April 2008, jam 12 lebih sedikit waktu Pelem Kecut... hari ini nggak seperti biasanya karena pagi tadi aku dimintain tolong sama Yayan untuk bantuin nerjemahin bahan kuliahnya Maria, anak kosnya Tante Asih... gila, banyak banget bahannya, jadinya cuma sebagian yang bisa kuterjemahin, itu pun dengan kemampuan ala kadarnya... Thank God, aku dulu les bahasa Inggrisnya niat banget jadinya sekarang kemampuan bahasa inggris pasifku lumayan bagus, TOEFLnya lebih dari 500 lho... lumayan kan... hehe... Berdasarkan bahan kuliah Maria tadi, aku mendapati bahwa aku ini terselamatkan dari gelar pengangguran karena status mahasiswaku yang masih ada, meskipun aku dah lulus S1 dan sekarang lagi lanjut profesi...

Ganti topik... males nulis tentang koas... hari ini seharusnya aku belajar manual organ yang baru nih, tapi tertunda gara2 tadi mbantuin Maria nerjemahin bahan kuliahnya yang sathekruk itu... mana belum mandi lagi, belum sikat gigi juga... hehe, semoga Maria nggak kebauan karenanya... Yoyo dah mandi... lagi nunggu Pak Pos yang mengantarkan paket dari Jepang yang beratnya minta ampun itu... satu paket harus mbayar ongkos 7 ribu rupiah... padahal ada 28 paket, dikalikan 7 ribu, jadinya total harus mbayar 196 ribu rupiah... Wiiii, banyak banget ya, untung sampainya tu barang nggak semuanya sekaligus tapi sedikit demi sedikit... Hari ini juga si Adit, a.k.a. Raphael, main ke rumah... lagi dalam minggu2 ujian, jadinya banyak jam kosong... kapan ya aku menghadapi yang namanya ujian2 lagi? Brrr... dingin... hehe...

Asem tenan, tadi si Boncel makan kucir rambutku yang warnanya ijo... padahal maksud hati cuma untuk mancing2 si Cacul buat naik ke tembok, eeeeh, tumben Cacul jadi pinter... umpan kucir pun termakan dan habislah sudah... kucir kesayanganku... hiks... semoga Cacul nggak sakit perut atau muntah2... hehe... dasar si Cacul, Cacul mambo...

Senin, 28 April 2008

Hari Senin di Malam Hari

Masih di hari yang sama, Senin tanggal 28 April 2008... sudah malam, ikan bobok (inget satu iklan yang lucu banget yang sekarang dah nggak ada lagi, hiks)... tadi sore organ yang baru jenis EBS berapa gitu akhirnya datang juga, setelah lebih dari seminggu ibu nunggu2 sambil ngomel2 karena pelayanan yang tidak memuaskan dari bagian pemasaran dealer salah satu Merek elektronik terkenal... akhirnya, ibu main organ sampai puas... sampai lupa nonton sinetron kesayangannya, Mentari sama Cahaya... aku juga nggak mau ngganggu ibu yang lagi asyik2nya main organ, biar nggak usah nonton sinetron yang menyebalkan itu, apalagi kalau bukan sinetron Mentari, Cahaya, dan kawan2nya... hehe, jahat ya aku ini... biarin... yang penting sama2 untung, nggak ada yang rugi... aku nggak harus melihat dan mendengarkan sinetron yang ganjil abis itu dan ibuku juga nggak harus ndengerin dengus kesal dan cibiran sinis dariku karena aku amat sangat nggak suka sinetron... Heran, bapak sama ibuku kok bisa2nya suka banget ngikutin sinetron yang nggak jelas ceritanya itu... Emang bagusnya di mana sih? Hu uh... Ibuku sekarang sudah berhenti main organnya dan mulailah tangannya menari-nari menyetel stasiun TV yang menayangkan sinetron yang menyebalkan itu... asem tenan!!!

Akhirnya dapat juga rencana kegiatan untuk kulakukan besok pagi sampai siang, yaitu ngutak atik organ yang baru dan belajar dari manual untuk memaksimalkan potensi yang ada... yah, itung2 untuk menghilangkan kebosanan dan mengalihkan perhatian dari kekhawatiran yang sedikit demi sedikit menggerogoti jiwaku... apalagi kalau bukan kekhawatiran akan kehidupan koas yang bakalan aku hadapi besok mulai tanggal 12 Mei... Hmmm... berulang-ulang aku tulis juga nggak mengurangi kekhawatiranku... tapi aku mau belajar untuk berserah dan berjalan terus demi melihat apa sih yang Tuhan sediakan bagiku di sepanjang jalanku yang tidak nyaman dan penuh dengan tanda tanya itu.. Kejutan macam apa lagi yang bakalan aku terima nantinya... akan jadi seperti apakah aku... apakah aku akan berhasil dan terus bersinar atau malah terpuruk dan tenggelam sama sekali untuk seterusnya... Hmmm... apapun yang terjadi, aku mau berserah sama Tuhan Yesus, Bapaku yang baik... aku mau belajar untuk mendekat kembali pada Tuhan dan menyelami isi hatiNya... so, here I am, again... ini aku si anak yang hilang yang penakut yang wagu dan yang sukanya lari dari masalah... aku mau belajar berjalan selangkah demi selangkah menghadapi raksasaku yang menakutkan itu... aku mau belajar untuk percaya bahwa Tuhanku lebih besar dari apapun juga, bahkan dari raksasa yang merongrongku, yaitu kehidupan koas... hehe, cukup panjang tapi cukup melegakan... thank God, You Are so good...

Obrolan Hari Senin

Selamat malam dunia... gairahku tuk berpesta... tunggu aku di sana... dst... lagu yang dipopulerkan oleh Jikustik ini menjadi salah satu lagu favoritku saat ini... lucu banget iramanya, video klipnya juga keren... apalagi setelah tahu pembuatannya di kampus ISI Jogja... wah, makin cinta lagi nih sama Jogja... hidup Jogja!!! Jadi sebel kalo inget iklan salah satu merek rokok yang membanding-bandingkan antara Jogja dengan Bali di mana menurut si iklan itu, Bali lebih berasa... berasa lebih daripada Jogja...

Hehe... pembukaan yang lumayan beda kan...? Habis lama2 bosen juga kalo ceritanya ngalor ngidul cuma gitu2 aja... yah, dikasih variasi dikit lah... Hari ini hari Senin tanggal 28 April 2008... aku di rumah aja, merenungi nasib yang telah membawaku sampai sejauh ini mengarungi hidup... nggak terasa, dua minggu lagi aku dah mau koas... brrr, kayak gimana ya besok? Mampukah aku, seorang Mimi yang nggak terbiasa kerja keras dan terlalu dimanja oleh orang tuanya ini berjibaku dalam kehidupan koas yang terkenal kejam dan keras? Duilee... sampai sebegitunya bahasa yang aku pakai, sok puitis dan romantis, ya gak sih? Padahal aku ini orangnya paling jaim sedunia, paling nggak ekspresif, dan paling suka menyembunyikan perasaan yang sebenarnya... Hehe...

Aku lagi nggak punya rencana apa2 sekarang, lagi pingin ngalir aja, flowing in the go kalo temanku Marlin Imut bilang... Hmmm, Marlin... dah lama nggak smsan sama dia, lagi sibuk kerja di Kupang tuh anak... hebat ya... padahal kami sama2 lahir di tahun 1984, tapi Marlin jauh lebih dewasa daripada aku... berasa lebih, lebih berasa, mungkin itu istilahnya ya... hmmm...

Karena aku sekarang nambah berat lagi 2 kg, maka aku bertekad untuk membatasi pola makanku... kurangi konsumsi yang manis2 dan perbanyak aktivitas selain tidur2an aja... supaya bisa pake baju kesayangan dan lebih gampang nyari baju dengan ukuran yang ada di toko2 baju... kudu beli rok yang banyak nih, karena sepertinya peraturan koasnya belum ada perubahan... duh, kenapa sih harus pake rok? Kan ribet dan nggak praktis banget... Tuhan, ubahlah peraturan yang ada supaya aku bisa pake celana panjang kain aja... hehe...

Sabtu, 26 April 2008

Perjalanan Hari Ini

Hari ini aku sama Yoyo jalan2 jauh naik Komodo sampai ke daerah Dlingo... napak tilas tempat kemah waktu SMA dulu di Munthuk... daerahnya berhutan-hutan, mendaki gunung lewati lembah... jadi seperti ninja Hattori aja ya... hehe... atau mungkin malah seperti Naruto dkk yang sukanya melintasi hutan kalo lagi pergi menunaikan ibadah misi... hehe... emangnya naik haji? Lho kok jadi ngelantur kayak gini ya? Sebenernya tujuan pergi hari ini pertama-tama itu ke gereja untuk nyari lihat lagu2 buat besok kebaktian jam setengah tujuh karena aku sama ibu ada jadwal ngiringi... ternyata eh ternyata, lagu yang disiapkan oleh pak pendeta (Pak Sundoyo) cuma lima ekor ... eh, lima buah... eh, lima apa ya, tepatnya? Lima nomor... padahal seharusnya ada tujuh!!! Duh, alamat ngiringi solo pas lagu pembukaan nih, mana takut ketinggian atau kerendahan nada dasarnya... huhu... waktu lagi asyik nyatet2 lagu, ada bapak2 yang menyanyikan lagu "Si Boncel Anak Tetangga"... eh, ternyata ada to lagunya... lagu anak2 tahun sembilan puluhan... kukira cuma lagu iseng ciptaanku sendiri... hehe...

Kamis, 17 April 2008

Menjelang Koas Nih...

Huaaahhhhmmmm... sudah memasuki bulan April nih, tepatnya tanggal 17 April, hari Kamis... masih dalam rangka menunggu pengumuman jadwal koas besok Senin... o iya, aku dah lulus remedi OSCEnya lho... selamat, selamat... hehe... Sekarang aku lagi di rumah, baca2 buku EKG yang ada lucu2nya sambil nonton TV, jadinya bacanya agak tersendat-sendat... Yah, gak pa pa deh... daripada bengong atau molor... Aku akhir2 ini agak banyakan tidur nih, jadinya berat badan juga agak naik dikit... Iya, cuma dikit... tapi dikit dikit kan lama2 menjadi bukit, maka dari itu... aku kudu mencari-cari kegiatan yang menyenangkan untuk menghindari kebanyakan tidur...

Sepulangnya Yoyo ke rumah, aku jadi sering jalan2 naik mobil keliling2 kota atau ke luar kota sekalian... bener2 boros bensin, padahal negara ini lagi sedikit mengalami krisis energi... hehe, maaf, teman2 sebangsa dan setanah air... Yoyo pulang bawa oleh2 berupa novel berbahasa Inggris yaitu Shogun dan Marley & Me... seru deh, kapan2 aku ceritain.... yah kalo inget n kalo sempet... hehe... enaknya kalo Yoyo di rumah adalah ada yang bisa jadi sopir gratis ke mana2, ke kampus, ke gereja, ke tempat simbah, dan jalan2 nggak tentu arah... nggak tahu sampai kapan Yoyo nganggurnya... mumpung masih pada nganggur, aku manfaatin waktu yang ada untuk santai2 di rumah dan di jalan... hehe lagi...

Karena lebih sering di rumah dan nggak ada kerjaan, aku jadi sedikit banyak ngikutin cerita2 di TV terutama yang di Global TV seperti ultraman nexus, gransazers, one piece, sama kadang2 naruto... yang paling aku ikutin ya yang one piece, sekalian koleksi lagi komiknya... sekarang koleksi komik yang lagi ditekunin adalah one piece, naruto, conan, sama chin mi... mau sampai kapan ya? Yah, samapi semampunya... nggak akan dijual dan nggak akan lagi sembarangan dipinjem-pinjemkan karena belinya mahal... kertas mahal...