Kamis, 28 Februari 2008

Kamis Mendung Dingin, about GVA

Hari Kamis yang masih dingin... hari ini ada acara di kampus jam setengah satu, yaitu latihan pemeriksaan Leopold sama Baby delivery... Yang leopold dulu dah pernah waktu semester 8, tinggal penyegaran ingatan kembali... yang belum adalah yang baby delivery... teorinya sih dah tahu, tinggal nanti praktek latihannya gimana... Nanti mau dapat check list baru yang sudah di upgrade... Mandinya nanti jam sepuluh, soale masih dingin je... nanti ndak kram... hehe... Sambil menunggu jam sepuluh, aku isi dengan baca2 buku sama ngenet... aku juga lagi chatting sama Yoyo...

Hasil obrolan kemarin sama BIP perlu aku tegaskan kembali bahwa aku nggak bisa kalo harus aktif kembali di GVA, mungkin BIP mikirnya gitu... nanti mau aku klarifikasi atau konfirmasi, check & ricek... soale aku lebih memprioritaskan kehidupan studiku nantinya... GVA cuma untuk selingan ringan aja kalo lagi bosen atau capek... utk masalah jadi fasilitator GVA sama Sawokembar, aku pending dulu soale juga masih dalam masa ujian dan aku kudu konsentrasi penuh kalo pingin berhasil dalam ujian... lagian aku dah lama gak main sama temen2 Sawokembar khususnya yang pegang kebaktian Sabtu sore... mungkin besok atau besoknya lagi aku akan datang ke Sabtu sore sekedar utk liat perkembangnnya gimana... Fasilitas nya sih dah semakin maju, tapi gimana dengan kualitas pujian dan penyembahannya... Hmmm... God, bless me please and show me Your way... amen...

Rabu, 27 Februari 2008

Hari yang dingin, jadi males mandi... hehe...

Beberapa hari terakhir ini cuaca di kota Jogja didominasi oleh mendung dan hujan... dingin enak rasanya... aku nggak pergi ke mana2 karena males apalagi kalo sampai kehujanan.... mending di rumah aja... bisa ngapa2in... bisa belajar, chatting (lagi2...), main piano, main sama empuk getuk, nggangguin Lik Sar... aktivitasku mulai normal sejak aku keluar dari Puri Nirmala... semua karena kuasa dan kasih Tuhan yang ditunjukkan lewat banyak hal... bisa lewat perhatian dan kasih orang tuaku, khususya ibu yang setia banget njagain aku... lewat terapi yang diberikan oleh Pak Mahar melalui obat2an juga telah menjagaku sedemikian rupa sehingga aku nggak jatuh dalam jurang depresi ataupun melambung terlalu tinggi dalam manik akut... Rasanya santai banget sekarang, mungkin karena belum menghadapi masalah yang teramat berat... Plus lagi mendapat teman2 baru dan tetap berhubungan baik dengan teman2 lama...

Hari ini mau kuisi dengan belajar macam2 penyakit yang menular maupun tidak menular... mungkin baru baca2, agak kesulitan kalo harus ngapalin satu demi satu... Yah, sambil chatting kan jadi lebih enak, gak bosen... kalo capek ya istirahat, atau latihan piano biar tambah lanyah mainnya...

Thank God, You Are so good to me... hehe...

Selasa, 26 Februari 2008

Chatting Yuuuk...

Hari Selasa yang mendung dan agak dingin... Semalam hujan deras tapi cukup singkat durasinya... bikin tidur makin enak rasanya... Kemarin lagi2 asyik chatting sambil baca2 buku kebidanan zaman baheula... saat2 yang paling asyik adalah sore hari setelah teman2ku selesai kerjaannya... jadinya bisa chatting atau ngobrol sepuasnya tanpa merasa takut ngganggu kesibukan temen2... Waktu chatting sama BIP aku cerita banyak banget, panjang lebar, ngalor ngidul... kalo chatting sama Yoyo cuma hehe hehe sama baz buz dung ding... yah, namanya juga sesama saudara kandung, Yoyo & Mimi... komunikasi yang aneh... hehe... Terus kemarin juga chatting sama siti, Si Tito... katanya pingin lanjut sekolah lagi... Wah, pokoke enak deh kalo dah chatting sama temen2, teman lama maupun baru... namanya juga memenuhi kebutuhan sosial sebagai seorang manusia yang adalah makhluk sosial juga... Lewat chatting aku bisa merasa rileks dan puas karena mengeluarkan isi hati dengan lebih bebas... kelemahannya paling cuma nggak bisa lihat muka orang yang diajak ngobrol... Bisa2 jadi ratu chatting nih, kalo tiap hari kerjaan utamanya chatting... Yah, mumpung masih punya banyak waktu di rumah... dipuas-puasin aja deh... Hehe... boleh kan?

Senin, 25 Februari 2008

I Love Monday...

Hari Senin yang menyenangkan... gak ada kegiatan di kampus... jadi bisa santai2 sejenak di rumah... sambil belajar, baca2, sambil ngenet n chatting... bagiku, chatting lebih dari sekedar hobby, labih menyerupai panggilan kudus... hehe... maksudnya, setiap kali chatting, aku berusaha untuk bersikap jujur dan otentik, gak berpura-pura atau munafik... aku mau jadi teman ngobrol yang baik dan berusaha menjadi jawaban bagi siapa saja yang mempunyai pertanyaan, pergumulan, ataupun permasalahan... Yah, sekalian mengasah EQ ku yang relatif rendah dalam pergaulan sehari-hari... Di luar chatting, aku berusaha memaksimalkan SMS an dengan temen2, baik yang lama maupun yang baru, yang deket maupun yang jauh... pinjam istilahnya Stephen Covey lagi, aku sedang berusaha memperbesar simpanan rekening emosi... aku sedang belajar membangun kembali hubungan, hubungan baru maupun hubungan lama yang telah renggang ataupun rusak... ketoke emang kekuatanku itu ada pada komunikasi tertulis... soale kalo ngobrol langsung secara verbal, aku lebih banyak diem dan mendengarkan orang lain... jadi kesannya aku itu pendiam dan pemalu (emang sih... hehe). Tapi aku mau belajar kok untuk bisa mengutarakan isi hati dan pikiranku dgn jelas, mantap, dan tanpa ditutup-tutupi...

Sekarang aku lagi baca the 8th habitnya Stephen Covey... lagi belajar tentang visi, disiplin, gairah, n nurani... pokoke mak nyuss kalo Pak Bondan bilang... target minggu ini adalah menyelesaikan baca buku itu sambil belajar buat OSCE compre, hehe... God bless me abundantly please... amen...

Minggu, 24 Februari 2008

Minggu Cerah Ceria

Hari Minggu yang cerah dan ceria... akhirnya bapak dah bisa mulai bercanda dan gojeg2 dikit... senangnya... kemarin Sabtu dianterin Dewi pulang malem2 karena mampir dulu ke rumahya Bu In, terus diajakin makan2 bareng, makan tempe sama sambel... enak lho... Dewi baru kena radang tenggorokan, buat nelan sakit banget... waktu aku periksa, aku nggak tahu yang namanya mukosa (selaput lendir) jadi merah atau hiperemi itu yang kayak gimana, jadinya aku bingung campur sedikit malu... malu karena aku dah latihan pemeriksaan THT tapi belum bisa meriksa beneran... baru bisa gayanya aja,tapi isinya masih payah dan melempem... harus lebih banyak latihan nih... untung kemarin ada ibu yang meriksa dan katanya emang bagian arcus (lengkungan yang ada di orofaring atau tenggorokan di sekitar mulut... duh, bingung ngejelasinnya) warnanya lebih merah... tetep aja aku masih bingung, soale menurutku masih belum terlalu merah... hehe... terus ibu ngasih resep obat buat Dewi yang terdiri dari Clavamox (antibiotik), panadol (anti nyeri), sama betadine obat kumur... kasihan Dewi, pasti capek banget bolak-balik nganterin aku, mana kemarin hujan lagi... cepat sembuh ya, Dew...

Hari ini aku habis ngiringi gereja jam setengah sembilan... lumayan... aku bisa konsentrasi ndengerin kotbahnya pak pendeta yang dari Jawa Tengah... kotbahnya sederhana tapi sangat mengena, sangat mudah dicerna... nggak terlalu ndakik2... terus ngiringinya juga nggak pake salah2, cuma agak ngglalur karena ngikutin tempo nyanyi jemaat yang rata2 medium slow... yah, namanya juga GKJ... hehe...

Di rumah nanti jam sebelas siang paduan suara Sangkakala yang generasi pertama mau latihan buat ngisi di GKJ Condong Catur besok Maret minggu pertama... aku nih yang ngiringi... bless me, Father, supaya aku ngiringinya dapat membangkitkan semangat dan dapet soulnya...hehe... Ngomong2 soal ngiringi, kapan ya aku bisa ngiringi bareng temen2 lagi? Entah dalam bentuk apa, ngeband atau orkestra... aku pingin belajar nih....

Sabtu, 23 Februari 2008

Nggak Pake Judul Ah...

Hari ini hari Sabtu... weekend... senangnya... hari ini ada jadwal latihan di skills lab jam 12 siang (lha iya, masak 12 malam?!). Duh senengnya, ketemu temen2 lagi... beberapa hari terakhir ini aku rasanya kangen banget sama temen2 satu kelompok, kelompok cuti... kelompok khusus untuk menghadapi OSCE compre besok... bersama-sama kami mulai akrab dan saling membuka diri sehingga menghasilkan kelompok yang solid dan kompak... kompak dalam belajar, bermain, dan bercanda... sudah dua orang dari kelompokku yang main ke rumah... Rini sama Koko... senangnya... jadi merasa nggak sendirian lagi... hehe...
Hari ini aku sudah minum obat dengan efek tangan agak lemes dan santai... obatnya bapak yang paling banyak, disusul kemudian obatnya ibu, baru kemudian obatku... satu rumah minum obat semua... hehe... yah, namanya juga berusaha... berusaha di jalan yang benar... Kalo dipikir2, Tuhan itu adil dan punya selera humor yang tinggi ya... Dulu yang paling banyak minum obat itu aku, sekarang malah bapak... hehe... dunia ini memang aneh ya...
Nanti sore kalo nggak hujan rencananya mau main sama Dewi ke GKJ Ambarukmo, ada kebaktian khusus remaja dan pemuda... daripada tengil2 nggak jelas di rumah, mending dolan wae... besok kan hari Minggu... hehe... o iya, besok aku ada jadwal ngiringi jam setengah 9 pagi bareng ibu... belum minta lagu nih...

Jumat, 22 Februari 2008

Rekonsiliasi Hari Ini... Dahsyat!!!

Hari ini aku senang sekali... habis chatting sama Bang Irpan a.k.a. BIP... sekali lagi hubungan persaudaraan kami diperbaiki kembali... kami sama2 minta maaf atas kekurangan dan kesalahan kami di masa lalu... jadinya sekarang kami sudah melakukan rekonsiliasi yang paling penting di atas semuanya... nggak ada lagi basa basi yang nggak perlu atau pake topeng apa pun... rasanya enak, lega, dan plong di dalam hati karena sudah memaafkan dan minta maaf sama BIP... kayak gini to hidup dalam kasih dan damainya Tuhan... kok nggak dari dulu ya, Han... hehe... so thank you for this wonderful day, Father...
Waktu chatting yang bermakna banget, sempet ngobrolin hal2 penting yang tidak genting (pinjam istilahnya Stephen Covey). Aku pingin minta tolong Mas Haryadi untuk mbuatin biografinya kakekku, Mbah Kasmolo Paulus... mumpung anak2nya masih pada sugeng dan masih pada inget cerita2 seru tentang kakekku... mumpung... mumpung... aji mumpung harus digunakan sebaik mungkin supaya hasilnya bisa maksimal dan memuaskan, terutama menyenangkan hati Tuhan... bless our plan, O Lord... Haleluya.... amin...
Terus, waktu chatting juga, aku putuskan untuk menyumbangkan buku2 bacaan yang sudah kubaca habis sama BIP. Biar buku2 itu bisa memberkati banyak orang yang haus dan lapar akan kebenaran... amin... sekalian ngosongin lemariku yang udah mulai overload itu, so aku bisa beli buku baru lagi... hehe... solusi yang win/win kan?
Pokoknya hari ini yang paling berharga adalah rekonsiliasiku sama BIP... dengan ini aku nyatakan bahwa nggak ada lagi kesalahan pada BIP dan aku mengampuni sekaligus melupakan segala kesalahannya BIP 100%... biar Tuhan seneng dan kerajaanNya makin tersebar luas dengan dahsyatnya... Yosh!!!

Hidup yang Masih Sederhana, so simple...

Hari ini hari Jumat tanggal 22 Februari 2008. Nggak ada acara di kampus. Jadinya cuma di rumah aja tengil2 sambil baca2 buku, ngenet, dan latihan piano. Yang bikin kurang mantep adalah si Paino alias pianonya yang mendem, mlempen, nggak enak buat main. Harus diservis. Makanya hari ini juga rencananya mau ke Hana Music untuk minta tolong sama tukang servis piano. Latihan pianonya untuk sementara pake kibor Yamaha, yah nggak mantep gitu deh. Terus baca bukunya meliputi bukunya Stephen Covey, ilmu kandungan, alkitab, dll dsb sampai bosen. Kalau bosen, tinggal buka laptop terus ngenet. Kalo bosen lagi, nyalain kibor terus main2 sampai puas. Kalo semua dah dilakuin tapi masih bosen juga, nggangguin Lis Sar. Masih bosen lagi? Ya jalan2... hehe... hidup untuk sementara waktu masih sangat sederhana bagiku. Maka dari itu, aku mau memanfaatkan waktu2 yang ada dengan menikmati sungguh2 bersama Tuhan. Pokoke mak nyusss... Hm hm hm...

Kamis, 21 Februari 2008

Today I will walk with my hands in God...

Hari kemarin agak2 frustrasi karena harapan yang terlalu tinggi nggak sesuai dengan kenyataan... terus tidur deh supaya nggak berlarut-larut dalam kesedihan... paginya bangun sekitar jam setengah enam, terus naik sepeda lagi sampai ke gedung pusat UGM, aku nyari tempat favoritku untuk ngobrol sama Gusti Yesus Kristus... terus seger deh habis sepedaan... frustrasi pun sedikit demi sedikit menghilang karena sepanjang jalan aku isi dengan ngobrol ngalor ngidul sama Tuhan... yah, latihan mental gitu deh tapi ngajak2 Tuhan supaya nggak kesambit... hehe...

Hari ini rencananya belajar lagi sama mungkin main2 ke tempat simbah, bosen di rumah terus... O iya, aku dapet kenalan baru, temennya si Koko, namanya Rike, anak farmasi Sadar angkatan 2004... sama seperti Koko, orangnya rame dan banyak bicara... duh, senengnya bisa mendengarkan lagi cerita2 temen...

Ujian OSCE komprehensifku tanggal 10 Maret jam setengah 9 pagi... banyak waktu yang bisa kugunakan untuk belajar dan persiapan supaya lulus dengan hasil yang memuaskan... amin...

Selasa, 19 Februari 2008

Mimi versus Yohana

Akhirnya aku dah les piano lagi... senengnya... hehe... ternyata Mimi lebih terkenal daripada Yohana.... Bu Eritha ternyata tahu yang namanya Mimi, tapi nggak tahu yang namanya Yohana itu siapa... hehe... Bu Eritha itu adalah guru pianoku yang sekarang... cara ngajarnya keren banget, bahan yang susah jadi kelihatan mudah kalo diajari sama Bu Eritha... salut deh...

Rabu, 13 Februari 2008

Just Thank You...

Hari ini aku senang sekali karena semua terasa pas dan enak... kesibukan yang nggak terlalu sedikit dan juga nggak terlalu banyak... ketakutan dan pesimisme yang telah ditepis dan diganti dengan semangat, rasa percaya diri, dan optimisme... aku nggak tahu bagaimana tapi aku percaya ini pasti kerjaannya Tuhan yang empunya hidup... bikin hidup lebih hidup... thank God, thank you Lord Jesus... You Are so good to me...

Sabtu, 09 Februari 2008

Tentang Yayan

"Mbak kan kaya... Mbak kan pinter..." gitu kata Yayan setiap kali Yayan main ke rumah. Awal2nya sih biasa saja dan sedikit tersanjung, tapi lama2 risih dan nggak enak setiap kali Yayan bilang begitu. Risih karena aku merasa nggak layak untuk disebut pinter dan kaya... karena yang kaya itu orang tuaku, dan aku dah nggak merasa pinter lagi... kenapa sih Yayan selalu bilang begitu? Mungkin karena pengaruh orang tuanya yang selalu menekankan kepadanya bahwa Yayan itu nggak sekaya orang tuaku dan nggak sepinter aku dan kakakku... betapa sempit pengertiannya... kenapa nggak ditekankan sama Yayan bahwa kekayaan itu bukanlah semata-mata banyaknya uang atau materi dan kepinteran itu sama dengan hasil usaha kerja keras untuk mencapa tujuan? Kenapa bisa begini? Duh, Tuhan, gimana aku bisa ngasih tahu Yayan ya supaya dia nggak lagi melontarkan kalimat2 inferioritas yang nggak membangun diri sendiri dan orang lain itu? Hmmm... Aku juga nggak suka kalo Yayan sudah mulai membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain karena aku menangkap kesan sombong dan nggak mau kalah yang tidak sehat... apalagi saat Yayan cerita soal Jose yang puji Tuhan berprestasi di sekolahnya... kenapa Yayan nggak bisa sekedar memberikan pujian yang tulus sih? Seberapa sulitnyakah itu mengakui prestasi orang lain dan turut bersukacita bersama orang lain? Hmmm... Besok lagi, kalo Yayan main ke rumah, aku akan kasih tahu supaya setidaknya Yayan bisa ngerti dikit.... dikiiiiit aja bahwa kekayaan dan kepinteran bukanlah segala-galanya untuk menilai kehidupan... Help me God... amin...

Rabu, 06 Februari 2008

My Resolution

Akhirnya... bapak semakin membaik keadaannya dan mulai bisa tersenyum dan ketawa ketiwi... Lik Sar si pembantu sudah kembali lagi ke sini dan sudah bekerja seperti biasanya... haleluya... hehe... kemarin waktu nebus obat di farmasi RS Bethesda, ketemu sama si Febri, temen lama yang nggak terlalu deket tapi cukup kenal baiklah... dia juga lagi nebus atau beli obat untuk sakitnya... hehe... mungkin dianya terheran-heran ngeliat aku yang sekarang, dah rambut pendek, lebih gemuk lagi... yah, biarlah... yang penting sehat dan nggak kumat lagi gilanya... by the way anyway busway, besok Jumat aku mau kontrol lagi ke dr. Mahar karena obatnya tinggal untuk tiga hari... harus dikasih yang baru, apalagi dah mulai mendekati ujian prakoas yang terkenal sangat menegangkan... God, help me please... aku mau mengalahkan kemalasan dan ketakutanku ah... demi Tuhan, demi orang tua dan keluarga, demi temen2, demi semua yang ada yang mendukungku sedemikian rupa sehingga aku sanggup berdiri tegak sampai hari ini... Jadi inget lagunya Karena Cinta... hehe... Bantu aku dalam belajar dan berlatih, God, sehingga jika aku berhasil, aku dapat bersyukur dengan segenap hati dan seandainya belum berhasil, aku nggak kecewa2 amat... Amin....

Minggu, 03 Februari 2008

Hmmm... Judulnya Apa Ya?

Hari Minggu akhirnya tiba... hari pertama dalam sepekan yang diisi dengan perjamuan kudus... sayang, bapak kambuh lagi pusingnya gara2 semalam klithak klithik ngancingi pintu depan dan pintu samping... nggak terasa, sebentar lagi mau merayakan Paskah... duh, cepatnya... Gara2 terlalu klithikannya bapak, tadi susah banget mbuka2 pintu sehingga nggak jadi beliin bubur gudeg buat bapak yang lagi bobok gara2 pusing... akhirnya, ibu masakin sendiri bubur yang katanya lebih enak... mmmm, nyoba ah... Hari ini rencanyanya mau ke gereja, ada perjamuan kudus sama pertemuan kembali anggota PS Sangkakala tua yang kangen pingin nyanyi bareng di gereja... terus mau beli celana sama baju baru buat menyambut kuliah yang akan datang... Yo wislah, semuanya aku serahkan ke dalam tangan Tuhan wae... wish me luck ya, God... amin...

Sabtu, 02 Februari 2008

Kenapa nggak boleh Pake Celana Jeans sih???

akhirnya, bapak sudah pulang... horeee... plok plok plok... sayang, Lik Sar belum balik lagi ke sini... huuu... tadi siang sudah dapet jadwal kegiatan prosus yang cuma seminggu tapi cukup efektif... sayang, tadi bolos kuliah gara2 males nunggu lama... selain itu aku pake celana jeans sementara peraturan yang baru mengatakan bahwa tidak boleh pake celana jeans saat kuliah... ya sudah deh, pulang wae... semoga nggak kehilangan terlalu banyak... hehe... kenapa sih nggak boleh pake celana jeans? Kan nggak belel2 amat, cukup rapi dan praktis... huuh... berarti besok minggu kudu beli celana baru yang super baggy soalnya takutnya yang lama nggak muat banget... hihi... nambah berat tapi cukup stabil kok, nggak naik turun terlalu drastis, cuma kurang olah raga aja... Ya sudah deh, besok tak nyapu2 sama ngepel2nya, itung2 untuk nambah kegiatan olah raga yang nggak terlalu capek atau berat... Yosh!!! Semangat!!!

Jumat, 01 Februari 2008

Yes...

Aku seneng... lega dan bahagia... sebentar lagi bapak boleh pulang... dan besok aku mau ke skills lab... duh, senengnya... hehe... Tuhan, ajari aku ilmu titen dan telaten, please... amin...

Akhirnya... Hehe...

Akhirnya, besok Sabtu kumpul untuk briefing masalah Prosus dan OSCE... berakhir sudah ketidakpastian hidupku... hehe... iki opo seh???