Eksperimen Pembentukan Karakter ^^

Selama hiatus dari kegiatan tulis menulis blog ini, aku sedang melakukan percobaan terhadap diriku sendiri. Aku bereksperimen membangun kebiasaan baik untuk menggantikan kebiasaan burukku selama ini, yaitu rajin/tekun menggantikan malas. Aku mulai dengan kebiasaan bangun pagi. Aku melakukan percobaan 'bangun tidur kuterus mandi' rata-rata setiap jam lima pagi selama tiga minggu berturut-turut. Seseorang pernah  berkata bahwa untuk membangun suatu kebiasaan yang baru, paling tidak dibutuhkan tiga minggu berturut-turut dengan melakukan satu kebiasaan secara rutin dan teratur. Dan aku berhasil bangun pagi terus tanpa tertidur lagi selama tiga minggu ini. Bahkan lebih dari itu, aku bangun tidur terus langsung mandi. Efeknya sungguh luar biasa! Tidak ada lagi rasa malas atau ogah-ogahan seperti yang selama ini kurasakan setiap pagi. Dengan mandi air biasa tiap pagi itu, badan dan pikiran jadi segar. Rasanya malah jadi seperti 'kecanduan' bangun pagi untuk langsung terus mandi.

Setelah satu kebiasaan terbentuk, aku tidak berhenti sampai di situ saja. Aku perlu membangun kebiasaan baru lagi. Untuk tiga minggu ke depan, aku akan membangun kebiasaan belajar dan persiapan untuk besok sebelum tidur malam. Dimulai dengan hari ini. Kalau sebelumnya aku tidur langsung saja tidur tanpa mengevaluasi dan mempersiapkan diri untuk hari esok, mulai sekarang tidak lagi. Aku mulai mendisiplin diriku untuk menetapkan target sederhana sebelum tertidur. Contohnya hari ini. Ada lima target yang perlu kulakukan sebelum tidur, yaitu:

  1. mempersiapkan bahan untuk berbicara pada persekutuan keluarga Murakabi (hati yang gembira adalah obat)
  2. mempersiapkan bahan untuk presentasi PR di IGD
  3. belajar tentang psikosomatis
  4. belajar ATLS dan visualisasi mental untuk persiapan jaga di IGD maupun BP Wonosari
  5. berdoa syafaat
Mungkin dari kelima target tersebut, baru beberapa yang kukerjakan. Belum bisa dibilang selesai secara sempurna juga. Tapi setidaknya aku sudah melakukan langkah awal. Aku sudah membuat draft awal (cengkorongan) target nomor 1. Aku sudah membuat satu file khusus untuk target nomor 2, meskipun belum ada isinya. Aku sudah baca-baca dua bab dari buku PAPDI untuk target nomor 3. Mungkin target nomor 4 belum bisa kupenuhi mengingat waktu yang tidak banyak tersisa. Dan target nomor 5 akan segera kulaksanakan setelah tulisan ini rampung.

Syukur kepada Tuhan atas proses pendisiplinan dan pembentukan karakter yang kujalani ini. Satu demi satu buah karakter mulai terbentuk. Satu prinsip yang selalu kupegang, bersama Tuhan aku sanggup menanggung segala perkara. Dan tidak ada jerih payahku yang sia-sia selama aku senantiasa ada di dalam Tuhan. Bahkan saat aku menulis ini pun aku menyertakan juga pribadi Tuhan bersamaku. Pokoknya tidak pernah deh aku dibiarkan seorang diri. Sekali lagi aku bersyukur kepada Tuhan. Haleluya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasta

Doa bagi Kota Tercinta

Yehova Zebaoth, TUHAN semesta alam.