Selasa, 08 Mei 2012

Menghadapi Raksasa-raksasa Anda ^^

(Pedoman Studi ini ditulis oleh Steve Halliday dalam buku "Facing Your Giants" karya Max Lucado)

Mengingat Kembali
1. Anda tahu Goliat. Anda mengenal langkahnya dan meringis mendengarnya bicara. Anda telah melihat Godzilla Anda. Pertanyaannya ialah, apakah cuma sosoknya saja yang Anda lihat? Anda mengenal suaranya--tetapi apakah hanya suaranya yang Anda dengar?
A. Goliat-Goliat apakah yang Anda hadapi pada masa lampau? (Jawab: banyak...^^)
B. Bagaimana Goliat Anda menutup pandangan Anda tentang Allah dan membuat Anda semakin sulit mendengar suara Tuhan? (Jawab: dengan membangkitkan ketakutan terbesarku, supaya aku kehilangan damai sejahtera ^^)

2. Daud menaruh perhatian pada Allah. Ia melihat raksasa itu, tentu saja; tetapi perhatiannya lebih tertuju kepada Allah.
A. Menurut Anda apakah artinya menaruh perhatian kepada Allah? (Jawab: Lebih fokus pada apa kata TUHAN daripada apa kata manusia, dunia, dll.) ^^
B. Bagaimana sikap menaruh perhatian kepada Allah dapat menolong Anda mengurangi Goliat-Goliat di dalam hidup Anda? (Jawab: Fokus pada TUHAN membuat saya tenang dan lebih percaya diri lagi!!! ^^)

3. Hidup Daud kurang mencerminkan hidup orang suci yang tak berdosa. Orang-orang yang hidupnya lurus berpendapat bahwa kisah Daud mengecewakan. Sebagian dari kita berpendapat bahwa kisah itu menenteramkan hati. Kita menaiki kereta luncur yang sama. Kadang-kadang kita menyelam dengan anggun dan kadang-kadang jatuh berdebum ke dalam air, kadang-kadang makan dadar telur dan kadang-kadang roti hangus.
A. Di arena kehidupan manakah Anda paling sering menyelam dengan anggun dan membuat telur dadar? Di arena kehidupan apakah Anda paling sering jatuh berdebum ke dalam air dan menghanguskan roti? (Jawab: Seluruh area kehidupan... ^^)
B. Apakah Anda merasa bahwa kisah Daud ini menenteramkan hati? Mengapa atau mengapa tidak? (Jawab: Tentu saja... ^^, karena sebagai manusia biasa yang pernah jatuh dosa, Daud tetap mau bangkit dan berani bertobat... ^^)

4. Pikiran kepada Allah melampaui pikiran kepada Goliat, sembilan banding dua. Bagaimanakah perimbangan ini dibandingkan dengan perimbangan Anda? Apakah Anda mempertimbangkan kasih karunia Allah empat kali lebih banyak daripada kesalahan Anda? Apakah daftar dari berkat-berkat yang Anda terima empat kali lebih panjang daripada daftar keluhan Anda? Apakah susunan harapan yang ada di pikiran Anda empat kali lebih tebal daripada susunan ketakutan Anda? Apakah Anda dapat empat kali lebih banyak menggambarkan kekuatan Allah daripada tuntutan-tuntutan hidup sehari-hari Anda? (kok cuma 4? 7 kali!!!!!!! ^^)
A. Bagaimana Anda menjawab masing-masing pertanyaan Max di atas? (^^ itu di atas sudah kujawab ^^)
B. Bagaimana Anda dapat mulai meningkatkan pikiran kepada Allah dan mengurangi pikiran Anda kepada Goliat? (Jawab: Memfokuskan pikiran dan perasaan pada apa kata TUHAN... ^^)

5. Fokus pada raksasa--Anda tersandung. Fokus pada Allah--raksasa Anda terjungkal.
A. Bila Anda fokus kepada raksasa, Anda cenderung tersandung apa? (Jawab: ketakutan... ^^)
B. Bila Anda fokus pada Allah, apa yang membuat para raksasa Anda terjatuh? (Jawab: Allah/TUHAN ternyata lebih menakutkan daripada para raksasa ^^)

sekian dulu, terima kasih... kapan2 kita sambung lagi... salam imut dari dr. Mimi di Pelem Kecut ^^ shalom alaehim ^^

Tidak ada komentar: