Minggu, 16 November 2014

Suasana di Rumah pada Hari Minggu

Selamat pagi
Selamat hari Minggu
Selamat berjumpa kembali

Mari menulis lagi. Ya, aku mau mencoba menulis lagi secara spontan di blog ini. Rasanya kangen setelah sekian lama tidak melakukannya. Seperti ada yang hilang. Otot menulisku perlu dilatih kembali nih, salah satunya dengan menulis secara spontan di blog seperti ini.

Ok, cukup pembukaannya. Sekarang mari menetukan tema. Xixixi... Tema kali ini adalah mengenai suasana di rumah Pelem Kecut saat ini, saat tulisan ini dibuat. Aku sedang duduk di depan monitor Lenovo sambil memijit-mijit papan ketik berhiasakan huruf alfabet (baca: keyboard). Mataku tertuju pada deretan huruf yang membentuk kata, kemudian membentuk kalimat, seterusnya paragraf, dan akhirnya terbentuklah karangan. Telingaku senantiasa terbuka lebar, menyaring desau-desau tak berarti dan hanya fokus pada hal-hal yang relevan dengan hidupku. Hidungku mencium aroma segar pagi hari yang tidak berbau. Lidahku masih merasakan sisa-sisa teh dan balok (singkong goreng) yang barusan kuminum dan kumakan. Hawa sejuk menyelimuti kulit lenganku yang sedikit berbulu.

Di lantai dua, Asa sedang asyik bermain bersama akungnya. Lucu sekali mendengar celotehan mereka yang khas kakek-cucu itu. Suasana hati menjadi cerah ceria karenanya. Di meja makan lantai satu, ibu sedang membaca-baca WA sambil ngemil setelah makan pagi. Tadi ibu habis mengiringi kebaktian di gereja jam setengah tujuh. Di lapangan belakang rumah, Yoyo sedang berlari-lari membakar kalori supaya berat badannya tetap ideal. Yang aku tidak tahu adalah apa yang sedang dilakukan oleh Lek Sar di pawon. O iya, Pak Cahyono sedang sibuk dengan hobby/pekerjaan/passionnya yaitu ngutak atik kabel dan elektronik di radio Sasando. Inilah aktivitas keluargaku yang menyenangkan.

(Ups, Asa mulai turun dari lantai dua. Alamat akan diganggu nih nulis-nulisnya. Fiuh, rupanya Asa lebih tertarik untuk bermain dengan ibu, jadi aku aman untuk sementara waktu.)

Sekarang aku mengamati Asa yang sedang bermain-main ponsel pintar Samsung milik utinya. Asa sudah 'lanyah' membuka-buka aplikasi di ponsel itu. Bahkan, ia sudah hafal video-video yang ada di youtube karena sering diputarnya. Asa cepat sekali memahami ikon atau simbol-simbol di ponsel maupun komputer. Ia sangat suka menyetel lagu-lagu anak. Sudah beberapa lagu dihafalnya dengan nada yang tidak sumbang. Kembali ke pengamatan. Asa saat ini sedang duduk di atas kasur yang tergeletak di lantai ruang keluarga. Berpakaian kaos dan celana kuning bergambar Ratu Elsa, Asa bermanja-manja minta diperhtakan uti dan akungnya. Saat ini dia minta main-main di mobil akungnya. Maka, tenanglah kembali suasana di ruang tengah rumah Pelem Kecut ini. Tinggal aku dan ibu yang sibuk dengan gadgetnya masing-masing.

Hari Minggu memang hari yang indah dan tepat sebagai hari kumpul keluarga. Setelah sibuk di tempat kerja masing-masing, maka hari Minggu ini terasa begitu melegakan karena kita bisa beristirahat sambil bercengkerama bersama. Terima kasih untuk TUHAN yang telah bangkit pada hari Minggu sehingga menjadikan suasana hari Minggu menjadi sangat bermakna. ^^

Tidak ada komentar: