Ngobrol dengan Bu Yohana

Hari-hari ini aku merasa hidupku berjalan dengan penuh makna. Maksudnya adalah tidak ada waktu yang berlalu dengan sia-sia. Setiap tindakan dan pekerjaan yang kulakukan terasa penuh semangat dan energi. Mungkin ini efek dari membaca habis dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya buku Myelin karya Rhenald Kasali. Lebih dari itu, aku pun menjadi lebih kreatif dalam berkata-kata. Hal ini diaminkan oleh bu Yohana Martini, perawat senior di RS Bethesda, pagi menjelang siang hari ini.

Pagi tadi, saat aku sedang asyik membaca-baca E-book, Bu Yohana menyela. Ia mengajakku ke ruang pertemuan F untuk membantu menyusun Root Cause Analysis (RCA) temuan Tim PKRS berkaitan dengan pengisian form edukasi dan informasi.  Dua masalah temuan Tim PKRS dicari akar masalahnya kemudian dicari langkah koreksi dan pencegahannya. Di situlah ide-ide kreatifku muncul. Bahasa dan kosakata yang kupakai terasa sangat berenergi. Aku cenderung mengusulkan hal-hal sederhana yang memotivasi dan menginspirasi. Setelah Bu Yohana selesai mencatat semua hasil diskusi, aku menceritakan tentang buku Myelin yang telah selesai kubaca. Bu Yohana pun tertarik untuk membacanya. Maka, kujanjikan untuk meminjamkan buku tersebut setelah dibaca habis pula oleh Pak Cahyono. Kemudian kami pun larut dalam obrolan penuh makna.

Yang jadi perhatianku adalah dari mana energi dan kreativitas itu berasal? Apakah itu murni dari hasil membaca buku Myelin? Ataukah kombinasi dengan efek jadwal minum obat rutin yang diturunkan dosisnya, yang secara tidak disengaja bertepatan waktunya dengan saat aku membaca buku Myelin? Dengan kata lain, apakah ini adalah suatu periode hipomanik? Atau ini hanya semangat dan gairah yang wajar?

Sambil terus mengamati perkembangan dalam jiwaku, aku akan terus berjalan menyongsong tingkat kehidupan lebih lanjut. Ya, aku sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes seleksi masuk pendidikan spesialis. Itu sebabnya aku baca-baca Ebook. Strategi dan kesiapan roh jiwa tubuhku sangat penting untuk bisa lolos seleksi. Yang terutama adalah adanya determinasi yang kuat di samping usaha yang sungguh-sungguh. Obrolanku dengan Bu Yohana pagi ini sedikit banyak telah menyuntikkan tambahan semangat dan motivasiku. Dengan demikian, aku semakin yakin bahwa Tuhan sendirilah yang mengatur semua ini. Pengaturan waktu dan lain sebagainya begitu pas, tidak terlalu lambat dan tidak pula terlalu cepat. Sudah sepatutnya aku bersyukur pada Tuhan dan berterima kasih kepada Bu Yohana yang telah menjadi saluran berkat dan anugerah yang tiada taranya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasta

Doa bagi Kota Tercinta

Yehova Zebaoth, TUHAN semesta alam.