Minggu, 22 April 2012

Pertumbuhanku dalam Berdoa ^^ (tulisanku dulu, lupa tanggal berapa)


Akhir2 ini aku nggak pernah lagi berbahasa roh...krn aku males berdoa secara pribadi...pernah satu kali bhs roh keluar scr spontan pas kebaktian di gereja...bener2 spontan gak dibuat-buat...aku rindu mengalami saat2 spt itu...en lebih lagi...

santai aja deh...bhs roh itu karunia en bukan kita sebenernya yg bisa membuatnya keluar kapan aja...tapi hanya oleh kuasa Roh Kudus aja...akhir2 ini malah aku jaraaaaaaaaang, banget bisa doa sampai berbahasa roh...tapi aku tetep dekat dgn Tuhan...jadi bahasa roh tidak bisa dijadikan indikator yg kuat bahwa seseorang itu dekat dgn Tuhan atau tidak...malah sering bahasa roh ini dimanipulasi oleh iblis atau kedagingan kita sendiri....gitchu...

seiring dengan berjalannya waktu, aku belajar utk nggak lagi tergantung sama yg namanya bahasa roh dalam berdoa. yg terpenting adalah hati dan pikiran yg selalu melekat pada Tuhan. apa gunanya berbahasa roh sampai berbusa-busa tapi itu semua hanya kamuflase supaya kelihatan lebih rohani daripada yang lain. lebih baik berdoa dengan hati tanpa kata-kata daripada berdoa dengan kata-kata tanpa hati. lebih baik berdoa dgn cara biasa tetapi dengan hati yang bener2 tertuju pada Tuhan daripada berdoa dengan bahasa roh tetapi hatinya jauh dari Tuhan. lagipula bahasa roh bukanlah jaminan kehadiran Tuhan. but, aku nggak menolak klo sewaktu-waktu Roh Kudus gerakin utk berbahasa roh lagi. just flowing aja lah...

saat ini aku berdoa dgn lebih sederhana...dgn kata2 yg biasa kugunakan sehari-hari, bahkan sering kutulis dlm buku jurnal harianku bersama Tuhan. aku belajar utk menjadikan doa sbg gaya hidupku, kapan pun aku bisa berdoa, sambil jalan, sambil nyetir, sambil apa aja. kecuali klo Tuhan suruh aku utk berdoa scr khusus, pd tempat dan waktu yg khusus, utk suatu pergumulan yg membutuhkan lebih banyak lg perhatian.

akhir2 ini aku rindu utk berdoa syafaat buat orang2 yg dekat dgnku atau apa aja yg Tuhan taruh dlm hatiku utk kudoakan dgn sungguh2.

whatever, Tuhan tu tau apa aja dlm hidupku bahkan sebelum aku sempat ngomong.
yg nolong buat berdoa itu Roh Kudus, sebab kita nggak tahu gimana sih seharusnya berdoa itu. So, santai n ngalir aja...gitu aja kok repot.

Tidak ada komentar: