Kamis, 16 Juni 2011

Disturb Your Friends ^^

Kakakku pernah menulis status di FB yang mengatakan bahwa "peraturan dalam pertemanan: ganggulah temanmu sebanyak mungkin", kurang lebihnya begitu. Pernyataan itu senada dengan pesan yang pernah disampaikan oleh Mbah Edy waktu PA dewasa muda. Pesannya adalah: jangan punya prinsip "tidak mau mengganggu karena tidak ingin diganggu". Maksudnya, sebagai manusia yang adalah makhluk sosial, seharusnya kita hidup srawung dengan orang lain. Salah satu bentuk srawung adalah dengan "mengganggu" orang lain, jangan pasif. Salah besar jika kita bersikap acuh tak acuh terhadap orang lain di sekitar kita dengan alasan "tidak mau mengganggu dan diganggu".

Wew, Bapa... prinsip yang sangat jauh dari kebiasaanku selama ini. (Mungkin) aku terlalu asyik dengan diriku sendiri sehingga lupa akan orang-orang lain di sekitarku. Aku tidak menegur/"mengganggu" mereka, mereka pun tidak menegur/"mengganggu"ku. Lama kelamaan aku terbiasa hidup solitaire dan lupa bagaimana caranya srawung. Aku tidak tahu bagaimana bersikap terbuka kepadaku. Parahnya, Bapa, aku telah terbiasa hidup demikian selama ini. Aku (mungkin) tidak sadar betapa sepi dan membosankannya hidup yang kujalani ini.

Syukur kepadaMu, Bapa, Engau mengirimkan seorang mas Cah. Melalui obrolan-obrolan sederhana dengan mas Cah, aku mulai belajar kembali bagaimana bersikap terbuka dan tidak egois. Melalui hal-hal sederhana dan kegiatan-kegiatan di luar rumah bersama mas Cah, aku belajar memahami dan menghayati hidup bersama orang lain dalam suatu komunitas. Tidak terlalu idealis muluk-muluk seperti yang selama ini ada di konsep pikiranku, tetapi cukup sederhana dan sangat membumi. Sungguh suatu anugerah yang patut disyukuri, Bapa. Sekali lagi terima kasih untuk mas Cah... haleluya ^^!

Tidak ada komentar: