Sabtu, 15 Juni 2013

Utusan Khusus dengan Tugas Khusus

Perasaan atau kesadaran bahwa diri kita adalah 'utusan khusus' dan memiliki 'tugas khusus' itu penting. Hal ini menjadi motivasi intrinsik yang mendorong kita untuk menjalani hidup yang lebih bermakna. Dengan menumbuhkan kesadaran bahwa diri kita adalah benar-benar 'utusan khusus' dari surga atau Kerajaan Allah, kita akan memiliki rasa kebanggaan akan identitas. Kita akan merasa dimiliki. Kita akan dengan mudah mengeyahkan perasaan terasing atau terhilang.

'Tugas khusus' yang kita emban sanggup mendorong kita untuk bekerja di atas rata-rata, tidak biasa-biasa saja. Setiap hari, kita dapat memperbarui atau membentuk ulang 'tugas khusus' kita untuk membuat rutinitas sehari-hari menjadi lebih menantang. Misalnya, tugasku sebagai dokter yang ditempatkan di bagian rekam medis dan piutang ini. Karena setiap hari berkutat dengan hal-hal administratif yang tidak bersentuhan langsung dengan pasien, aku rawan untuk terserang rasa bosan dan disorientasi tujuan. Apalagi jika terlalu banyak atau terlalu sedikit tugas yang harus kukerjakan. Idealnya adalah cukup pekerjaan rutin untuk memberiku kesempatan mengembangkan potensi diri melalui hal-hal yang kusukai. Namun, sering kondisi ideal itu tidak terjadi. Ketika hal ini menimpaku, aku disodori pilihan-pilihan seperti hanyut larut dalam rutinitas sehingga melupakan orientasi mengembangkan potensi diri, atau tetap fokus pada tujuan dan hasrat semangat untuk menemukan jati diri dan mengusahakannya terbentuk sebagaimana mestinya. Karena TUHAN menganugerahi kehendak bebas, maka dengan penuh tangguh jawab, aku memilih untuk mereorientasikan ulang diriku manakala badai disorientasi tujuan itu melanda. Berbagai hal aku lakukan untuk membuatku tetap terjaga dan terfokus pada jati diri dan tujuan hidup yang TUHAN tetapkan.

Dengan meminta, mencari, dan mengetok, aku berusaha terus mendapatkan dan mempertahankan orientasi yang benar bagi diriku. Aku harus senantiasa mengingat, eling lan waspada, bahwa diriku adalah 'utusan khusus' dari Kerajaan Allah dan 'tugas khusus'-ku adalah berdiri teguh di mana TUHAN menempatkanku sampai kerajaan-Nya datang dan kehendak-Nya jadi di bumi seperti di surga.

Tidak ada komentar: