Selasa, 13 Oktober 2009

The Secret Keeper

Could I be the secret keeper...
The secret keeper of your heart...
That you can trust me wholeheartly...
without doubt...

Itulah sekelumit syair yang tercipta di kala aku memikirkan tentang kata2 yang cukup keren kedengarannya ini: The Secret Keeper. Kenapa tiba2 aku kepikiran akan hal ini? Entahlah... aku cuma lagi pingin menuliskannya... tanpa ada maksud apa pun... tanpa ada tujuan khusus... Keren ya... secret keeper... penjaga rahasia... siapakah yang layak untuk jadi the secret keeper, sang penjaga rahasia... rahasia hati kita yang paling dalam?

Ada banyak kriteria yang bisa kita tuliskan untuk sang penjaga rahasia tersebut... Yang pertama dan terutama adalah dapat dipercaya. Seorang penjaga rahasia haruslah seseorang yang dapat dipercaya. Maksudnya, dia tidak suka menipu atau memanipulasi keadaan demi kepentingannya sendiri. Seseorang yang dapat dipercaya akan melakukan dengan segenap tenaga apa saja untuk menjaga integritasnya di hadapan orang lain. Seseorang yang dapat dipercaya adalah orang yang tidak dengan sembarangan membeberkan rahasia yang disimpannya hanya demi kepuasan sesaat. Orang yang dapat dipercaya biasanya membenci gosip dan tidak akan terlibat di dalamnya, meskipun hanya sebagai pendengar saja.

Seseorang yang mempercayakan rahasia hatinya kepada orang lain yang dianggapnya dapat menjadi sang penjaga rahasia, bukannya tanpa risiko. Ada risiko yang harus ditanggung, yaitu risiko terbukanya rahasia pada waktu dan tempat yang tidak tepat. Entah karena keteledoran si penjaga rahasia, atau karena salah memilih orang yang hendak dijadikan penjaga rahasia. Oleh karena itu, kriteria kedua yang tidak kalah penting adalah tidak bocor mulut. Seorang penjaga rahasia biasanya adalah orang yang tidak suka bicara terlalu banyak. Dia lebih suka berdiam diri, mendengarkan, dan hanya berbicara pada saat2 yang dirasa penting. Bukan berarti harus diam seribu bahasa, bukan... melainkan tahu kapan saat dan waktu yang tepat untuk menyampaikan sesuatu. Dengan kata lain, seornag penjaga rahasia adalah orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi karena mampu mengendalikan dirinya sedemikian rupa, terutama perkataannya, sehingga rahasia yang dipercayakan kepadanya pun dapat tersimpan dengan aman.

Lalu siapakah orang yang memiliki kedua kriteria tersebut tanpa cacat sama sekali? Adakah orang yang benar2 bisa dipercaya 100% dan tidak pernah sekalipun terlibat dalam gosip? Tidak ada? Wew... Kalau tidak ada, lalu kepada siapa kita bisa mempercayakan rahasia2 hati kita yang terdalam itu? Sementara jika kita menyimpannya untuk diri sendiri, rasanya kita tidaklah kuat dan sanggup karena beban yang begitu berat yang kita rasakan dalam hati... Terus bagaimana?

Bagi orang percaya, ada satu Pribadi yang dapat kita andalkan sebagai sang penjaga rahasia yang sejati... siapa lagi kalau bukan Pribadi TUHAN? Tuhan yang sama yang menciptakan langit dan bumi, yang telah turun ke dunia menjadi sama seperti manusia, mati bagi kita, dan telah bangkit, naik ke sorga, kemudian turun ke dalam hati kita sebagai Roh Kudus, dan yang akan datang kembali sebagai Hakim yang Adil, yang memerintah untuk selama-lamanya... Dialah yang layak dan sanggup untuk menjadi sang penjaga rahasia kita... Segala beban berat dan kegelisahan yanga ada di hati kita, serahkan saja itu semua kepadaNya... jangan ragu2 lagi untuk melangkah... karena Dia dapat dipercaya... karena Dia tidak bocor mulut... malah lebih lagi... Dia menyediakan semua jawaban bagi setiap persoalan yang kita punya... jawaban yang di luar akal dan kemampuian berpikir dan berdoa kita... Oh, Dia sungguh hebat dan luar biasa...

Dan bagi kita yang sudah menjadikanNya sebagai penjaga rahasia kita masing2 secara pribadi, adalah menjadi tugas dan panggilan kita pula untuk menjadi seperti DIa...yaitu menjadi penjaga rahasia bagi saudara2 kita yang lain... Bukan dengan kekuatan dan kemampuan kita sendiri, melainkan dengan kekuatan dan kuasaNya saja kita dimampukan menjadi penjaga rahasia... Tugas yang sangat mulia, bukan? Sudahkah kita?

Tidak ada komentar: