Insomnia? ^^

Insomnia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online, artinya adalah "keadaan tidak dapat tidur karena gangguan jiwa". Bagaimana seseorang dapat mengalami insomnia? Menurut Wikipedia, insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang utuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Keterangan mengenai insomnia secara klinis, sebab-sebabnya, dan bagaimana cara menanganinya secara medis dapat dicari di berbagai sumber. Silakan mencari sendiri. ^^ Yang ingin saya bagikan di sini mungkin belum pernah atau jarang disampaikan oleh kebanyakan pakar insomnia. Jadi, izinkanlah saya yang belum begitu berpengalaman ini untuk membagikan apa yang saya ketahui dan percayai berkaitan dengan insomnia. Mohon maaf kalau tidak sesuai dengan harapan dan keyakinan Anda.

Ok. Pernahkah Anda mengalami insomnia? Saya yakin sebagian besar dari Anda setidaknya pernah mengalaminya, minimal sekali dalam hidup. Saya juga pernah, dan bukan hanya sekali. Beberapa waktu yang lalu, waktu gejala manik saya kambuh, saya sering sekali mengalami yang namanya insomnia. Saya bisa tidak tidur selama berhari-hari tetapi tetap merasa segar bugar. Yah, namanya juga manik. Saya tidak ingin bercerita tentang maniknya, tetapi tentang insomnianya. Sampai mana tadi? O iya, sampai insomnia... Jadi begini... dari semua penyebab insomnia, ada satu penyebab yang menurut saya sangat penting untuk diperhatikan... faktor penyebab yang satu ini mungkin tidak pernah atau sangat jarang diutarakan oleh kebanyakan orang... apakah itu? Penasaran? Tetaplah bersama saya... ^^

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mendengar kotbah yang disampaikan oleh seorang hamba Tuhan yang menjelaskan sesuatu yang menarik... kata beliau, jika kita sering terbangun dini hari tanpa sebab apa pun yang jelas, itu bisa berarti Tuhan sedang membangunkan kita untuk suatu maksud... jangan terburu-buru gelisah atau cemas apalagi mengira kita sedang gangguan kejiwaan... belum tentu... menurut penjelasan hamba Tuhan tersebut, yang harus kita lakukan saat tiba-tiba terbangun dini hari itu adalah segera berdoa mencari wajah Tuhan... bagi yang bingung dengan istilah yang terdengar terlalu rohani itu, izinkan saya menjelaskan dengan bahasa yang lebih sederhana... ^^ Sewaktu kita terbangun dini hari tanpa ada sebab yang jelas, itu adalah kesempatan yang baik untuk berdoa, memuji Tuhan, berdiam diri, dan membiarkan hati dan pikiran kita tertuju pada hal-hal yang sekiranya Tuhan hendak sampaikan secara khusus... bisa saja Tuhan mendorong kita berdoa untuk suatu kebutuhan khusus, misalnya berdoa untuk bangsa dan negara, untuk gereja, untuk keluarga, atau untuk orang-orang yang tiba-tiba melintas di pikiran kita... Jangan bingung, jangan takut... lakukan saja dengan iman, yakin dan percaya bahwa Tuhan berkenan... kalau toh salah, tidak apa-apa... minimal, kita sudah berusaha untuk tidak kuatir... dan minimal lagi, kita makin dekat dengan Tuhan... Ingat saja akan perkataan ini, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan, jerih payah kita tidak sia-sia... ^^

Memang tidak biasa dan rasanya aneh bagi kita yang jarang berdoa atau tidak terlalu sering mengalami insomnia. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba. Prinsip yang perlu dipegang adalah jangan takut untuk tidak bisa tidur. Sebab semakin takut atau kuatir, semakin tidak tenanglah hati kita... Semakin tidak tenang, semakin tidak bisa kita berdoa. Maka, tenangkanlah dahulu hati kita dan mulailah fokuskan hati dan pikiran pada pribadi Tuhan. Cukup mudah kan? Ya, memang mudah... ^^

Jadi, apabila suatu saat kita mengalami insomnia, atau sekarang juga ada yang sedang insomnia, jangan takut. Lakukan saja apa yang sudah saya utarakan di atas. Berdoa. Sembayang. Setelah itu, kasih tahu saya ya apa yang Anda dapatkan dari Tuhan. OK?! ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasta

Doa bagi Kota Tercinta

Yehova Zebaoth, TUHAN semesta alam.