Selasa, 22 September 2009

Tribute to Empuk Getuk: Asal Mula Namanya

Empuk Getuk alias Putuk alias Tuk... si boneka beruang yang dengan setia menemaniku ke mana2 naik mobil itu benar2 legendaris... semakin terkenal saja rupanya... selebritis lokal, kata temanku... kok bisa ya? Apa karena namanya yang membawa hoki? Empuk Getuk... terdengar lucu dan menggemaskan... sama seperti yang punya ^^... Btw, dari manakah asal nama Empuk Getuk itu? Begini... dulu tuh namanya bukan Empuk Getuk seperti sekarang... Dulu tuh namanya si Gundul... terus kenapa bisa berganti nama? Begini ceritanya... Waktu itu, ibuku atau kupanggil bui, minta aku mijitin beliau... karena aku malas, aku pakailah tangan si Gundul untuk memijit... tahu sendirilah bagaimana tangan boneka beruang yang tidak punya jari itu kalo digunakan utk pijit memijit... Ibuku protes sambil bilang "Empuk getuk!!!" (maksudnya tangannya empuk kaya getuk). Dan sejak saat itulah nama Empuk Getuk mulai berkumandang di seantero jagad Pelem Kecut raya... hehe...

Waktu berlalu, hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun, nama Empuk Getuk tetap awet nggak berubah-ubah... paling2 hanya berubah sedikit seperti menjadi Putuk, Tuk, Puktuk, whatever... sepertinya memang Empuk Getuk sudah ditakdirkan untuk eksis sebagai beruang coklat yang bakalan terkenal dan sampai ke mana2... itu sebelum mbah Surip eksis dengan hitsnya "tak gendong ke mana-mana"... apalagi dengan meledaknya lagu "tak gendong" itu, Empuk Getuk semakin terkenal saja karena nasibnya memang selalu digendong atau dibawa ke mana2, khususnya oleh duo Yoyo dan Mimi imut... hehe...

Kalau dirunut-runut awal mula keterkenalan Empuk Getuk, kita bisa mengingat bagaimana dulu kelompok K3M Kalibawang begitu ngefans sama si Putuk... terus nggak tahu gimana kelompok Koas juga mulai mengenalnya, apalagi setelah IKM yang dengan "tidak sengaja" memperkenalkan blog sebagai cara komunikasi... ada yang membuka blogku dan melihat foto si empuk getuk yang main kibor sampai ngantuk... terus ke cilacap, dia ikut... ke Banyumas juga... sayang, ke Magelang dia nggak ikut... Sampai sekarang, puji Tuhan, Empuk Getuk masih eksis juga di dunia persilatan... bahkan sekarang dia suka pake baju hitam yang kedodoran, jadi seperti kstaria jedi atau malah seperti pendeta ^^...

Hehe... sudah ah... sepertinya tulisan ini sudah cukup panjang untuk memuji-muji si Empuk Getuk... congrat ya, Tuk... semoga... semoga apa ya? Semoga makin eksis aja dikau... ^^

Tidak ada komentar: