Senin, 04 Oktober 2010

Once Upon A Time in Wonosari ^^

Kembali aku ada di BP Bethesda, Selang, Wonosari... semangat? masih... mungkin tidak semenggebu waktu pertama kali ke sini... tapi setidaknya masih optimis... optimis bahwa aku akan bisa memberikan yang terbaik dan mendapatkan pelajaran yang berharga... sedikit merasa kesepian... tapi aku nggak mau larut dalam kesepian... kan aku nggak sendiri di sini... ada Tuhan Yesus, ada malaikat2Nya, ada para perawat dan pegawai yang lain, ada pasien dan keluarganya... aku pingin belajar ngobrol dengan para pasien dan keluarganya... ngobrol apa aja... setidaknya belajar mendengarkan dan berempati terhadap keluhan2 mereka tanpa ada tendensi apa pun... motivasinya untuk menjadi teman yang baik... sukur2 bisa membantu meringankan beban penderitaan yang dialami... dan kalau ada kesempatan, bisa mendoakan dan berbagi kasih Tuhan Yesus sama mereka... sampai saat ini aku baru sekali mendoakan pasien yang kutangani... pengalaman yang mengesankan... aku masih perlu belajar lebih banyak lagi nih... bukan cuma fisik diagnostik, melainkan juga belajar komunikasi terapetik dan pastoral...

Bicara tentang pastoral... kurang lebih sudah tiga kali aku mendapatkan masukan tentang pastoral... tiga2nya dari orang yang berbeda... seolah-olah mereka mengarahkanku untuk menjadi dokter yang juga melayani pastoral, hubungan vertikal dengan Tuhan... dulu memang pernah aku berpikiran tentang hal ini... dan memang pernah ada terbersit keinginan untuk terjun di bidang ini... tapi sekarang aku masih belum tahu bagaimana bentuknya... apalagi saat ini aku juga sedang mempertimbangkan untuk menuju ke jenjang S2 IKM... itu pun masih belum tahu arahnya ke mana... apakah ke admisintrasi atau ke SIMKES... nah, antara IKM dan pastoral... mana yang harus kupilih? Atau malah dua2nya? Hmmm...

Saat aku menuliskan hal ini, di sini mulai turun hujan yang cukup lebat... seolah-olah surga menjawabku... setiap kali hujan turun, aku selalu berasumsi bahwa Tuhan setuju dengan apa yang sedang kupikirkan atau kugumulkan... ^^ Berarti, Tuhan sedang mengarahkanku untuk mempertimbangkan dan menggumulkan lebih sungguh2 lagi tentang hal ini, yaitu tentang pastoral dan/atau IKM... Hmmm... boleh juga... wah, hujannya deras banget, disertai angin pula... puji Tuhan, haleluya... nggak jadi kekurangan air deh... ^^


Tidak ada komentar: