Rabu, 20 Oktober 2010

Sang Ahli

Dulu aku sering merasa senewen atau gak bisa tenang saat mendengar orang lain memainkan komposisi musik yang begitu indah dan menawan. Rasanya pingin segera bisa memainkan lagu yang sama dengan lebih baik lagi. Rasanya seperti tertantang. Amat sangat tertantang. Tapi sekarang aku lumayan gak seterobsesi dulu. Dulu aku terobsesi untuk bisa bikin komposisi musik yang indah sedahsyat musik2 soundtrack film. Karena impian yang gak segera tercapai (lebih karena kurang gigih dan kurang tekun ^^), maka obsesi tersebut lambat laun memudar. Sekarang obsesiku malah di bidang tulisan. Aku terobsesi untuk menghasilkan karya tulis yang enak dibaca tapi tetap sarat makna. Serius tapi santai. Renyah, gurih, tapi tetap sehat.

Kembali ke bidang musik. Aku sering dibuat takjub dan kagum oleh para pemusik yang mampu menghasilkan musik yang sedemikian rupa ciamiknya. Apapun alat yang mereka gunakan, sesederhana apa pun itu, mereka mampu menciptakan mahakarya yang aduhai dahsyatnya. Mau pakai piano grand, baby grand, electone termodern, organ klasik, atau bahkan pianika sekalipun, kalau yang main itu sudah profesional dan ahli, maka musik yang dihasilkan pun akan tetap bercita rasa tinggi. Aku menyimpulkan bahwa keindahan musik itu bukan terletak pada alatnya melainkan pada si pemain alat musik. Mau alatnya semodern apa pun, kalau yang main masih amatir dan kurang banyak jam terbangnya, tetap saja terdengar kurang grande.

Demikian juga dengan hidup manusia. Keindahan dan nilai hidup manusia itu akan menjadi sangat tinggi bergantung pada Siapa yang memakainya. Sang Ahli pasti sanggup memakai manusia serumit dan sesederhana apa pun untuk menghasilkan karya cipta yang luar biasa indahnya. Apa pun alatnya, siapa pun yang dipakainya, asalkan tangan Tuhan yang bekerja, pasti akan jadi indah luar biasa. Jadi, jangan berkecil hati ya, saudara-saudara yang sederhana dan dipandang kecil oleh dunia.

Bukankah waktu menciptakan manusia, TUHAN melihat bahwa semua itu sungguh amat baik, tidak sekedar baik? Hehe...

Tidak ada komentar: