Minggu, 06 Maret 2011

Tiga Pelajaran Siang Ini--Sekedar Curhat

Aku mau curhat, boleh ya... Gini... setelah kemarin karya tulis renunganku dibahas dan diberi masukan oleh teman-teman, aku jadi merasa sadar. Yang tadinya melambung tinggi di awan-awan, akhirnya menginjak bumi kembali. Yang tadinya merasa diri hebat, akhirnya sadar bahwa aku nggak hebat seorang diri. Teman-teman yang lain pun sama-sama hebatnya, bahkan lebih hebat. Inilah keuntungan hidup berkomunitas. Kita terhindarkan dan tersadarkan dari kesombongan yang kadang tidak kita sadari.

Selain itu, aku perlu belajar untuk bisa jujur terhadap pikiran dan perasaanku saat itu juga tanpa takut dinilai bodoh. Aku perlu belajar dari film "Pursuit of Happyness" di mana tokoh utamanya dalam menjawab pertanyaan pewawancara tidak berusaha supaya tampak pandai atau hebat tetapi menampilkan dirinya apa adanya. Dia berani berkata "tidak tahu" tetapi tidak berhenti di situ saja. Dia akan mencari tahu jawabannya. Betapa menginspirasinya. Aku mau jadi orang yang seperti itu.

Yang terakhir untuk kali ini, aku perlu disiplin membuat target untuk setiap hari. Mungkin aku bosan dan mengantuk karena nggak ada target yang harus kupenuhi. Kalau nggak ada target, aku jadi nggak ada fokus. Nggak ada fokus bisa membuatku kacau. Aku nggak boleh kacau. Karena kalau aku kacau, maka aku akan mempengaruhi dunia di sekelilingku.

Tidak ada komentar: