Senin, 21 Maret 2011

Hukum Kasih yang Kedua

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.
Matius 7:12

Kalau kita ingin dihormati orang lain, maka kita harus terlebih dahulu menghormati orang lain. Kalau kita ingin dikasihi orang lain, kita harus terlebih dahulu mengasihi orang lain. Itulah hukum kasih yang diajarkan oleh Tuhan Yesus. Itulah aplikasi praktis dari perintah untuk mengasihi sesama manusia seperti diri kita sendiri. Sungguh suatu prinsip dan sikap yang luar biasa! Mengasihi itu merupakan sikap yang aktif, bukan sikap pasif menanti belas kasihan dan kebaikan orang lain.

Memang terdengar mudah untuk dilakukan, dan memang mudah. Perintah Tuhan itu tidak berat jika kita lakukan dengan hati yang penuh syukur. Perintah untuk mengasihi sesama kita manusia merupakan perintah yang tidak kalah pentingnya dengan perintah untuk mengasihi Tuhan. Hanya dengan kasih Tuhan sajalah kita dimampukan untuk mengasihi orang lain.

Contoh termudah untuk melakukan kebaikan bagi orang lain adalah dengan memberikan senyuman yang tulus. Saat kita tersenyum kepada orang lain, orang lain akan membalas tersenyum juga kepada kita. Maka, benarlah kata bijak populer ini, "Smile, and the world will smile with you."

Tidak ada komentar: