Senin, 14 Maret 2011

Selamat Hari TB Sedunia ^^


Mengapa menulis tentang hari TB sedunia?

Saya mencoba sekali lagi untuk menuliskan sesuatu yang di luar diri saya sendiri. Kali ini adalah tentang hari TB sedunia yang jatuh setiap tanggal 24 Maret. Jujur saya tidak begitu ahli tentang TB. Oleh karena itu, tulisan ini merupakan hasil terjemahan dan kopi paste dari bahan-bahan yang saya dapatkan melalui searching di internet. Memang sangat dangkal dan kurang mendalam. Pembahasannya pun sepertinya tidak ada. Mohon maaf bagi para pencari informasi tentang hari TB sedunia yang secara tidak sengaja membaca tulisan ini dan merasa sangat tidak puas. Saya hanya mencoba melakukan sesuatu yang berarti yang semoga dapat berguna bagi orang lain. Semoga tulisan singkat dan dangkal ini dapat memberikan informasi dan masukan yang berguna bagi kita semua.

Apa itu hari TB sedunia?

Tanggal 24 Maret diperingati dunia sebagai "Hari TB" oleh sebab pada 24 Maret 1882 diBerlin, Jerman, Robert Koch mempresentasikan hasil studi mengenai penyebab tuberkulosis yang ditemukannya.

Tuberkulosis atau TB (singkatan yang sekarang ditinggalkan adalah TBC) adalah penyakitinfeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini paling sering menyerang paru-paru walaupun pada sepertiga kasus menyerang organ tubuh lain dan ditularkan orang ke orang. Ini juga salah satu penyakit tertua yang diketahui menyerang manusia. Jika diterapi dengan benar tuberkulosis yang disebabkan oleh kompleks Mycobacterium tuberculosis, yang peka terhadap obat, praktis dapat disembuhkan. Tanpa terapi tuberkulosa akan mengakibatkan kematian dalam lima tahun pertama pada lebih dari setengah kasus.

Indonesia berada dalam peringkat ketiga terburuk di dunia untuk jumlah penderita TB. Setiap tahun muncul 500 ribu kasus baru dan lebih dari 140 ribu lainnya meninggal. Seratus tahun yang lalu, satu dari lima kematian di Amerika Serikat disebabkan oleh tuberkulosis..

Kampanye Hari TB Sedunia 2011 difokuskan pada individu-individu di seluruh dunia yang telah menemukan cara-cara baru untuk menghentikan TB dan dapat melayani sebagai inspirasi bagi yang lain. Ide tersebut adalah untuk mengenali orang-orang yang telah memperkenalkan inovasi-inovasi yang bervariasi dalam latar belakang yang bervariasi pula seperti:

· Riset yang bertujuan mengembangkan diagnosis-diagnosis, obat atau vaksin baru

· Riset operasional, bertujuan membuat perawatan TB lebih efektif dan efisien

· Usaha-usaha baru untuk menolong orang-orang memperoleh akses terhadap diagnosis dan pengobatan TB

· Kemitraan yang dinamis antara pihak-pihak yang berperan dalam pertarungan melawan TB

· Tindak lanjut dalam mengintegrasikan perawatan TB ke dalam sistem kesehatan

· Usaha-usaha baru untuk menyediakan dukungan dari anggota-anggota komunitas kepada orang-orang yang terkena TB

· Cara-cara inovatif untuk meningkatkan kesadaran tentang TB

Apa saja fakta-fakta menarik seputar TB?

  1. Tuberkolosis, pernah diperkirakan terkontrol, secara drastis meningkat di banyak tempat. Insidensi yang meningkat tersebut mengenai orang-orang di mana-mana.
  2. Setiap tahun, tiga juta orang meninggal karena TB dan delapan juta orang baru terkena penyakit tersebut. TB di dunia merupakan sebab utama dari kematian oleh karena agen infeksius tunggal..
  3. Sepertiga populasi dunia terinfeksi TB.
  4. TB menular. Penyakit ini ditularkan oleh baksil yang tersebar ke udara oleh pasien dengan TB paru aktif. Batuk, bersin dan bahkan berbidara dengan seorang pasien memenuhi udara dengan droplet yang mengandung kuman TB.
  5. Sekali seseorang terinfeksi, dia berisiko menderita TB aktiv, dan risiko tersebuit berlangsung seumur hidup.
  6. TB ada obatnya, dan pengobatannya mahal.
  7. Pengontrolan TB adalah intervensi kesehatan yang sangat cost-effective. Cost effective-nya berbanding lurus dengan program imunisasi masa anak-anak yang sangat terkenal itu.
  8. Pengobatan yang berhasil memerlukan 68 bulan pengobatan yang konsisten dan tidak terputus.
  9. Pengobatan yang berhasil membutuhkan edukasi dan follow-up.
  10. Strain TB yang baru dan resisten obat sedang berkembang karena pasien tidak menyelesaikan pengobatan mereka. Strain-strain tersebut secara bermakna lebih berbahaya bagi individu dan komunitas karena lebih sulit dan lebih mahal untuk diobati.
  11. Cara terbaik untuk mencegah TB adalah dengan mengobati kasus-kasus infeksius pada tahap awalnya supaya mencegah penularan.
  12. Program pengendalian TB yang mengobati pasien-pasien infeksius tetapi tidak meyakinkan bahwa mereka telah sembuh berisiko lebih mencederai daripada berbuat baik. Pasien-pasien dengan pengobatan yang tidak tuntas dapat mengembangkan—dan menyebarkan—TB yang resisten obat.
  13. Program TB WHO bekerjasama dengan pemerintah-peperimtah mengembangkan aktivitas-aktivitas pengendalian yang efektif. Dengan prosedur pemantauan dan evaluasi yang ketat, program-program tersebut akan dapat berdampak kuat terhadap penyakit TB.

Apa yang bisa direfleksikan dari hari TB sedunia?

TB merupakan masalah kita bersama. Bagi orang-orang yang pernah dan sedang menderita TB, pasti merasakan bagaimana bosannya minum obat anti TB selama berbulan-bulan lamanya. Apalagi yang punya anak kecil di lingkungan rumahnya. Pasti harus ekstra hati-hati. Sedangkan bagi orang-orang yang belum pernah terkena TB, jangan merasa diri hebat. Karena, siapa pun tanpa terkecuali dapat terkena TB. Kalau tidak hati-hati, kita pun dapat terkena. Bahkan meskipun sudah sangat berhati-hati, seseorang dapat pula terkena TB. Oleh karena itu, jangan menganggap remeh TB. Dengan turut ambil bagian dalam hari TB sedunia, setidaknya kita dapat menumbuhkan kesadaran akan TB lebih lagi. Mungkin kita tidak terlibat secara aktif dalam program-program penanggulangan TB. Tetapi kita masih bisa menyumbangkan sedikit bagi dunia melalui peringatan hari TB ini. Sekecil apa pun itu, lebih baik daripada tidak sama sekali. Sedikit perhatian lebih baik daripada sikap apatis. Akhir kata, terima kasih atas kesediaan Anda-anda sekalian yang telah meluangkan waktu membaca tulisan saya ini. Kesediaan tersebut juga merupakan salah satu sumbangan kecil bagi hari TB sedunia. Setidaknya dapat membuka wawasan tentang TB meskipun baru secercah kecil cahaya. Selamat hari TB sedunia. ^^

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Tuberkulosis

http://www.dinkesjatengprov.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=46:hari-tb-sedunia&catid=41:p3m〈=en

http://konsultasikesehatan.net/index.php/2010/03/peringatan-hari-tb-sedunia-masalah-dan-solusi-di-indonesia/

http://www.interesting.vaty.net/2006/09/interesting-facts-about-tuberculosis.html

http://www.who.int/features/factfiles/tuberculosis/en/index.html

http://www.who.int/features/factfiles/tuberculosis/06_en.html

http://www.worldtbday.org/



Tidak ada komentar: