Kamis, 10 Maret 2011

Selamat Hari Ginjal Sedunia ^^


Mengapa menulis tentang hari ginjal sedunia?

Saya mencoba menulis tentang hari ginjal sedunia karena bertepatan dengan tanggal 10 Maret 2011 yang merupakan hari ginjal sedunia tahun ini. Selain karena untuk belajar menuliskan sesuatu yang sekiranya bermanfaat bagi banyak pihak, saya juga sedang belajar untuk ikut peduli dan ambil bagian dalam permasalahan-permasalahan kesehatan dunia terkini. Mengingat tidak banyak orang yang tahu dan peduli dengan ginjal dan permasalahan seputar ginjal (apalagi adanya hari ginjal sedunia), maka tidak ada salahnya saya mencoba menuliskan sedikit hal menarik seputar ginjal ini.

Ginjal merupakan organ tubuh yang sering diabaikan kesehatannya dan baru disadari betapa pentingnya setelah seseorang mengalami penyakit kronis yang mengharuskannya melakukan cuci darah (hemodialisa). Memang betul pernyataan bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Karena itu, mencegah terkena penyakit ginjal jauh lebih baik daripada mengobatinya yang tentu saja membutuhkan beaya yang sangat besar. Tujuan utama diadakannya hari ginjal sedunia ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran semua orang akan pentingnya ginjal yang sehat dan mendorong perilaku menjaga kesehatan ginjal. Semoga dengan tulisan singkat ini, banyak orang yang dapat tercerahkan dan terbantu untuk terhindar dari penyakit ginjal dan komplikasinya.


Apa itu hari ginjal sedunia?

Hari Ginjal Sedunia adalah inisiatif dari Internasional Society of Nephrology (ISN) dengan International Federation of Kidney Foundations (IFKF).

Misi dari Hari Ginjal Sedunia adalah untuk membangkitkan kesadaran akan pentingnya ginjal bagi kesehatan secara keseluruhan dan untuk mengurangi frekuensi dan dampak dari penyakit ginja; dan masalah-masalah kesehatan yang menyertainya pada umumnya.

Tujuan diselenggarakannya Hari Ginjal Sedunia adalah sebagai berikut:

  • Membangkitkan kesadaran akan “ginjal kita yang menakjubkan”
  • Menggarisbawahi bahwa diabetes dan tekanan darah tinggi merupakan factor risiko utama bagi Penyakit Ginjal Kronis (CKD)
  • Mendorong skrining secara sistematis pada semua pasien dengan diabetes dan hipertensi bagi CKD
  • Mendorong perilaku pencegahan
  • Mengedukasi professional medis tentang peran kunci mereka dalam mendeteksi dan mengurangi risiko CKD, khususnya pada populasi berisiko tinggi.
  • Menekankan peranan penting dari otoritas kesehatan local dan nasional dalam mengendalikan epidemic CKD. Otoritas kesehatan di seluruh dunia harus mengatasi beaya yang tinggi dan terus meningkat jika tidak ada tindakan yang diambil untuk menangani jumlah yang bertambah dari penduduk dengan CKD. Pada Hari Ginjal Sedunia, semua pemerintah didorong untuk bertindak dan berinvestasi.

Jika terdeteksi sejak dini, CKD dapat ditangani—oleh karena itu, mengurangi komplikasi lain dan secara dramatis mengurangi pertumbuhan beban kematian dan ketidakmampuan dari penyakit ginjal dan kardiovaskuler kronis pada umumnya.

Hari Ginjal Sedunia dimulai pada tahun 2006 dan terus berlanjut.

Setiap tahun, kampanye berfokus pada satu tema.

Berikut ini adalah tema-tema dari Hari Ginjal Sedunia:

· 2006 Are your kidneys OK? (Apakah ginjal anda baik-baik saja?)

· 2007 Common, harmful and treatable

· 2008 Amazing kidneys

· 2009 Protect your kidneys: Keep your pressure down

· 2010 Protect your kidneys: Control diabetes

· 2011 Protect your kidneys: Save your heart


Apa saja fakta-fakta seputar ginjal yang perlu diketahui umum?

· Ginjal mempunyai aliran darah yang lebih tinggi dibandingkan otak, hati atau bahkan jantung.

· Ginjal menyerap kembali dan mendistribusikan kembali 99% dari volume darah dan hanya 0,1% dari darah yang disaring menjadi urin.

· Baru ginjal adalah akumulasi dari garam-garam mineral dan sebagian besar tersusun dari Kalsium yang dapat menempel di mana saja sepanjang saluran kencing.

· Karbohidrat dan gula halus membantu tubuh menghasilkan batu ginjal.

· Gula akan menstimulasi pancreas untuk menghasilkan insulin. Hal ini menyebabkan lebih banyak Kalsium yang diekskresikan dalam urin sehingga terbentuklah batu ginjal.

· Terlalu banyak susu atau antasida dapat menyebabkan batu ginjal.

· Masing-masing ginjal memiliki panjang sekitar 4 ½ inci.

· Masing-masing ginjal memiliki berat sekitar 4-5 ons.

· Ginjal pada bayi yang baru lahir biasanya sekitar 3 kali lebih besar prorporsinya dibandingkan dengan berat badan pada orang dewasa.

· Volume urin yang diekskresikan setiap hari bervariasi dari 1000-2000 ml (rata-rata 1500 ml).


Apa yang bisa direfleksikan dari ginjal?

Terbersit dalam pikiran saya, mengapa Tuhan menciptakan ginjal berjumlah sepasang. Mengapa tidak satu saja? Mungkin karena tugas ginjal yang amat berat yaitu menyaring darah dari seluruh tubuh dan membuang zat-zat dan senyawa yang dapat meracuni tubuh. Begitu pentingnya tugas ginjal namun seringkali diabaikan oleh pemiliknya. Baru terasa atau kena batunya jika sudah mengalami penyakit kronis yang mengharuskan seseorang untuk menjalani cuci darah atau hemodialisa yang tidak murah beayanya. Jika saja ada yang terus megingatkan kita untuk senantiasa menjaga kesehatan ginjal setiap waktu. Maka terima kasih sekali untuk Hari Ginjal Sedunia yang bertujuan mengingatkan kita yang sering lupa ini.

Ada lagi jalan lain selain hemodialisa bagi yang telah mengalami gagal ginjal kronis yaitu transplantasi ginjal. Tapi tentu saja cara ini jauh lebih mahal lagi. Belum lagi, sangat sulit mencari donor ginjal yang cocok dan bersedia mendonorkan ginjalnya. Karena mahal dan sulitnya mencari donor ginjal, maka tidak heran jika ada banyak orang yang melakukan praktek jual beli ginjal yang tentu saja menyalahi hukum dan etika. Banyak pula “pasar gelap” penjualan ginjal di dunia ini. Saya beberapa kali mendapati di koran local ada orang-orang yang menawarkan ginjalnya demi memperoleh imbalan uang karena yang bersangkutan sedang butuh banyak uang. Sungguh miris dan memprihatinkan.

Ginjal memang sangat mahal harganya, karena itu kita wajib menjaganya selagi masih dalam kondisi prima. Salah satu cara termudah adalah dengan minum air putih setidaknya 1-2 liter sehari, terutama saat kita sedang beraktivitas fisik. Selain itu, jangan suka menahan-nahan untuk buang air kecil. Hal ini sering kali terabaikan. Bagi masyarakat perkotaan yang bekerja di ruang ber-AC, seringkali mereka lupa untuk minum air padahal sebenarnya kondisi tubuh sudah mulai dehidrasi.

Dari keterangan di atas, maka sudah seharusnya kita yang masih sehat dan memiliki ginjal yang dalam kondisi prima menjaga baik-baik ginjal kita supaya tidak bermasalah. Dan bagi yang sudah terlanjur terkena penyakit ginjal dan komplikasinya, jangan mudah menyerah dengan kondisi yang ada. Selalu ada jalan keluar dari setiap masalah. Mari kita saling menolong satu sama lain mulai dari pencegahan sampai pengobatan. Kiranya Hari Ginjal Sedunia dapat terus menjadi peringatan bagi kita semua untuk sadar dan menjaga kesehatan ginjal sebaik mungkin. Save your kidneys!

Referensi:
http://www.worldkidneyday.org/page/about-world-kidney-day-wkd
http://www.drstandley.com/facts_kidneys.shtml

http://www.dsq-sds.org/article/view/143/143


Sumber Gambar:

https://www.pediatric-nephrology.com/index.php?view=entry&category=general&id=411:wkd2011&option=com_lyftenbloggie&Itemid=27

6 komentar:

eha mengatakan...

aku sering bertanya-tanya, sebenarnya ginjalku masih sehat gak ya? Soalnya aku nda bisa minum banyak. Kalo minum cukup banyak aja, bawaannya 'beser' melulu, ganggu sekali :(

mimi imut mengatakan...

@eha: wah aku juga sedang belajar untuk lebih banyak minum air putih... masih belum sampai 2 liter sih... kalau mau tahu kondisi ginjal, bisa sekalian check up saja... sekalian cek darah/laboratorium, sekalian tahu berapa kadar gula darahnya, dan untuk tahu fungsi ginjalnya: kadar ureum dan creatinin... selain itu bisa sekalian cek urin rutinnya, apakah ada kristal2 yang bisa membentuk batu ginjal, apakah ada kebocoran ginjal, dll... yah, selama masih belum ada keluhan, lebih baik membiasakan diri untuk menjaga pola hidup sehat... dan usahakan untuk check up minimal sekali setahun bagi yang sudah 25 tahun ke atas... hehe... ^^

f4dLy :) mengatakan...

wah...ginjal aset gratis yang harus dijaga...
http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

mimi imut mengatakan...

@f4dly: memang betul... Tuhan sungguh baik dan maha pemurah... ginjal merupakan "alat cuci darah" terbaik dan tersempurna, gratis lagi... makanya, bersyukur selalu dengan cara menjaga kesehatan... ^^

Pat and mom mengatakan...

Pat suka susah nih kalau disuruh banyak minum. Kalau dibawakan bekal air minum sisanya pasti masih banyak, kecuali kalau haus sekali.

mimi imut mengatakan...

@pat and mom: wah memang susah membiasakan diri untuk banyak minum... tapi mumpung masih sehat, harus diusahakan... sebab kalau sudah gagal ginjal, malah harus dibatasi minumnya... yah, untuk mudahnya ya minumnya sedikit2 tapi frekuensinya agak sering... biar gak kembung...