Selasa, 15 Januari 2008

Novel Baru Untuk Dibaca Selama Seminggu

Ternyata kemarin Pak Iwannya sibuk banget sehingga batal sudah rencana mau ke fakultas minggu ini. Beliaunya baru bisa ditemui tanggal 23, berarti minggu depan. Untunglah sebelumnya Mimi Imut sudah beli satu novel anak2 dengan judul The Golden Compass (judul aslinya sebenarnya Northern Lights) yang lumayan tebel sehingga dapat untuk mengisi waktu selama seminggu ini. Sambil nungguin dan njagain bapak di rumah biar nggak kebanyakan klithak-klithik, biar muntahnya nggak kumat lagi, biar cepet sembuh... Bicara tentang novel yang baru dibeli dan dibaca, hmmm... Mimi Imut belum begitu pandai meresensi buku nih.... baru bisa menikmati, belum bisa menceritakan kembali apa yang sedang dibaca, kan belum selesai... Tapi dah baca spoilernya di Wikipedia karena saking nggak sabarnya... hehe... Ceritanya bagus, khas cerita untuk anak2... tapi bagus juga untuk merenung... Ada satu frase atau bagian yang mengatakan bahwa tokoh utamanya tidak ingin menjadi dewasa karena tidak ingin daemonnya (perwujudan jiwa seseorang dalam bentuk binatang yang bisa diajak bicara seperti layaknya teman) berwujud tetap... si tokoh utama ingin supaya daemonnya tetap bisa berubah wujud... tapi si tokoh pembantu bilang bahwa semakin dewasa seseorang, daemonnya akan mengambil satu wujud tertentu yang mencerminkan sifat si tokoh, suka maupun nggak suka... Hmmm, bagus juga idenya... semakin dewasa seseorang, dia akan semakin mengkhususkan dirinya terhadap suatu hal sehingga tidak mudah lagi berubah-ubah berdasarkan keinginan hatinya... bingung ngomongnya gimana, hihi... Sampai tulisan ini dibuat, aku baru sampai di mana si tokoh utama mau ke Kutub Utara tapi mampir dulu untuk ketemu sama penyihir yang awet muda... Yang menarik adalah yang disebut sebagai Golden Compass itu sendiri... sebenarnya nggak ada yang namanya Golden Compass, adanya adalah aletheiometer (kira2 begitu spellingnya) yang merupakan alat pengukur kebenaran. Alat itu akan menjawab apa saja yang ditanyakan oleh si penanya dan memberikan jawabannya dengan simbol2 yang harus dipecahkan sendiri oleh si penanya. Yah, kurang lebihnya begitu... Untuk lebih jelasnya, silakan baca sendiri novelnya dan silakan menikmati sendiri... No more spoiler... hehe...

4 komentar:

yoyoimut mengatakan...

endi novele?

mimi imut mengatakan...

lagi diwaca

yoyoimut mengatakan...

basa inggris?

mimi imut mengatakan...

indonesia... terjemahan... jebule ana trilogine to... wooo...