Selama Ini... (Pertanyaan-Pertanyaanku)

selama ini...
apa yang sudah kulalui?
apa saja yang sudah kupelajari?
apakah aku benar-benar belajar dengan baik?
atau semuanya hanya berlalu begitu saja?
hmmm...
apa aku terlalu banyak berpikir?
apa aku terlalu banyak merenung?
apa aku kurang berefleksi?
bagaimana dengan kehidupan doaku?
komunikasiku dengan Tuhan dan dengan sesamaku?
apakah aku terlalu asyik dengan diriku sendiri?
terlalu autis?
hmmm...
selama ini...
sudahkah yang terbaik kuberikan kepada Yesus Tuhanku?
berapa yang terhilang telah kucari?
dan kubebaskan yang terbelenggu?
apakah hanya berhenti menjadi lagu lama saja?
atau saat ini sedang kuperjuangkan dengan sungguh-sungguh?
hmmm...
perlukah kulanjutkan?
atau berhenti sampai di sini saja?
sekedar menjadi retorika yang basi?
atau perenungan yang dangkal?
sekali lagi?
hmmm...
aku sedang membohongi diriku sendiri?
membohongi orang lain?
membohongi seluruh dunia?
membohongi Tuhan?
selama ini...
apakah aku hidup dalam ilusi belaka?
apakah aku mengingkari kebenaran?
apakah aku lari dari kenyataan?
ke mana saja aku selama ini?
hidupkah aku?
hmmm...
apakah aku sedang pesimis lagi?
atau sebaliknya?
bergunakah semua ini?
semoga...
ya, semoga...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasta

Doa bagi Kota Tercinta

Yehova Zebaoth, TUHAN semesta alam.