Ketemu Pak Mub Hari Ini, Tak Terencana

Hari ini sebenarnya gak ada rencana untuk ketemu Pak Mub di kampus... cuma gara2 abis ngerjain Rasco yang sedang ultah, beberapa dari kita ketemu Pak Mub di IKM pas tanda tangan absen... Ya sudah sekalian saja berdiskusi dengan beliau... Hasil diskusinya sebenarnya panjang dan lebar tapi aku cuma ingat sedikit karena aku tidak mencatat dan tidak merekam... padahal sangat berharga sekali apa saja yang disampaikan itu... Yang paling berkesan adalah tentang bagaimana membuat sampah yang tidak berharga menjadi berharga... Sampah dalam hal ini dapat berupa sampah betulan atau manusia yang dianggap sebagai sampah...

Yang masih jadi pertanyaanku adalah aku harus menganalisa tentang pengelolaan sampahya atu pemberdayaan masyarakatnya... sebab kata Pak Mub, observasi atau analisanya haruslah mendalam dan bukan melebar... untuk kasusku, aku perlu mencari community leadernya seperti ketua RT, ketua paguyuban, atau LSM yang bermiknat terhadap permasalahan sampah seperti yang aku observasi dan analisa... Masalahnya, aku harus cari di mana dan mulai dari mana mencarinya? Siapa yang bisa aku mintai tolong untuk menunjukkan atau mencarikan pihak2 yang bersangkutan tersebut?

Untuk sementara, aku masih berkutat pada riset di literatur yang mendukung konsep atau ide pemberdayaan masyarakat khususnya dalam pengelolaan sampah di lingkungan PKL. Aku juga masih dan sedang berkonsultasi sama Pak Mub via email. Semoga aku menjadi semakin mengerti ya... hehe...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasta

Doa bagi Kota Tercinta

Yehova Zebaoth, TUHAN semesta alam.