Selasa, 03 Februari 2009

Masih Perkara Sampah

Yes... aku saat ini sedang mengerjakan tugas dari Pak Mub dengan penuh semangat dan sukacita... thanks to Adnan yang telah mebantu mencarikan keyword yang cocok sehingga aku menemukan banyak sekali artikel tentang pengelolaan sampah... pekerjaan mengumpulkan artikel memang sangat menyenangkan, apalagi jika aku bener2 fokus dan tahu apa yang kucari... nggak nggeladrah ke sana ke mari... Fokusku adalah pada pengelolaan sampah mulai dari pengumpulan sampai pembuangan akhir, khususnya diaplikasikan pada PKL yang mangkal di sekitar kampus FK UGM... Dari beberapa artikel yang kubaca selintas pandang, ternyata ada yang namanya pengelolaan sampah konvensional dan ada yang namaya pengelolaan sampah berbasis masyarakat atau komunitas... yang konvensional itu adalah yang diprakarsai oleh pemerintah dari sejak pengumpulan, pemilahan, sampai pembuangan akhirnya... sedangkan yang berbasis masyarakat itu melibatkan peran serta sektor domestik atau rumah tangga dalam hal pemilahan dan pembuatan kompos... kurang lebih begitu yang aku tangkap sampai detik ini...

Wah, aku perlu lebih banyak membaca nih.... supaya analisisku bisa setajam silet nantinya... hehe... aku cukup beruntung karena aku punya Tante Ika yang sangat tertarik dengan permasalahan sampah... Minatku tentang pengelolaan sampah ini kan juga atas andil dari Tante Ika juga... Tante Ika pernah ngasih gambaran tentang seluk beluk pengelolaan sampah rumah tangga... pokoknya asyik deh... yah, semoga saja aku bisa membagikan asyiknya mengelola sampah ini keda orang lain... kok semoga sih? Harus kali, ya... hehe... God, help me please... I will give my best...

Tidak ada komentar: