Sabtu, 21 November 2009

Boring Banget...


Uh, bosannya... bingung mau ngapain aja habis ini... Help... help... help... rescue me...!!!

Itu yang kupikirkan dan kurasakan saat aku nulis ini. Heran, kok bisa2nya ya aku merasa bosan sedemikian rupa? Padahal kondisiku sedang baik2nya, sedang fit2nya, dan sedang santai2nya. Aku punya buku untuk dibaca, bacaan untuk dipelajari, teman2 untuk diajak chatting atau ngobrol, kurang apa lagi coba? Atau hei... mungkin itu masalahnya. Aku bosan bukan karena apa yang nggak aku punyai melainkan aku bosan karena hal2 yang aku punyai. Aku sudah sedemikian terbiasanya dengan berkat2 Tuhan yang luar biasa ini sehingga kebosanan pun menyergapku tanpa ampun. Jadi inget bangsa Israel yang mengeluh kebosanan dengan mukjizat manna yang tiap hari mereka terima langsung dari Tuhan. Pada awalnya sih mereka antusias dan takjub karena belum pernah mendapati mukjizat makanan yang turun dari surga. Tapi karena tiap hari menghadapi hal yang sama terus-menerus, mereka pun bosan dan akhirnya mendukakan hati TUHAN. Akibatnya, TUHAN pun mengabulkan keinginan mereka akan makan daging sampai puas sehingga karena kerakusan mereka, banyak yang akhirnya sakit dan mati. Wew... betapa mengerikannya akibat dari rasa bosan yang tidak pada tempatnya itu...

Satu lagi perkara yang aku ingat adalah tentang penerbangan pesawat. Saat2 yang paling mendebarkan adalah saat2 lepas landas dan saat2 pendaratan. Dan saat2 yang paling membosankan adalah saat terbang di udara. Kalau dipikir-pikir, saat2 membosankan bagi kita itu seperti saat pesawat yang terbang di udara. Bagi para penumpang dan kru bahkan pilot yang di dalam pesawat, mungkin saat2 itu merupakan saat2 yang monoton dan membosankan. Tapi bagi mereka yang di darat dan sedang melihat pesawat yang terbang, bukanlah hal yang membosankan melainkan hal yang sangat dahsyat luar biasa, bagaimana besi baja bisa terbang mengatasi hukum gravitasi. Demikian juga dengan kehidupan kita sehari-hari. Mungkin saat2 yang paling membosankan bagi kita sebenarnya adalah saat2 kita berada di puncak gunung kemuliaan, saat2 tidak ada masalah yang berarti, saat2 di mana kita tidak merasa terancam. Hal yang harus selalu diingat saat kebosanan menyerang adalah jangan lupa untuk terus bersyukur akan anugerah TUHAN yang mulia...

Selain bersyukur, hal yang bisa kita lakukan saat merasa bosan adalah temukan hal2 baru yang bisa dilakukan. Kalau sebelumnya kita selalu berkutat di depan meja kerja, maka tidak ada salahnya untuk sekedar keluar berjalan-jalan menikmati udara segar. Mumpung sekarang suasana kota sedang sejuk karena tiap hari hujan... Atau melakukan hal2 yang dulu sering dilakukan tapi akhir2 ini ditinggalkan karena terlalu asyik dengan pekerjaan, seperti bermain musik, berdoa, menulis buku harian, mengajak ngobrol orang di sekitar, dll.

Yah, semoga tulisan ini dapat mengusir kebosanan dan menumbuhkan semangat baru. Selamat tinggal kebosanan!!! GBU full!!!

Tidak ada komentar: