Selasa, 06 Mei 2008

Lagi Belajar Nih...

Aku lagi baca2 buku saku psikiatri tentang skizofrenia... berikut ini cuplikannya...

Skizofrenia merupakan gangguan psikotik yang paling sering; hampir 1% penduduk dunia menderita psikotik selama hidup mereka... Sebagian besar penderita skizofrenia mengalami psikosis hanya untuk sebagian kecil kehidupan mereka. Yang khas, mereka lebih lama (bertahun-tahun) berada pada fase residual, yaitu fase yang memperlihatkan gambaran penyakit yang ringan. Selama periode residual ini, pasien dapat menarik diri atau mengisolasi diri, dan "aneh". Gejala2 penyakit biasanya terlihat jelas oleh orang lain. Pasien dapat kehilangan pekerjaan dan teman karena hilangnya minat, tidak mampu berbuat sesuatu dan karena sikapnya aneh... Penampilan dan tingkah laku mereka mengalami kemunduran, afek menjadi tumpul, datar, atau tidak serasi... Mereka sering mengalami anhedonia (tidak dapat merasakan senang)... Kepribadian prepsikotik dapat ditemui pada beberapa pasien skizofrenia kronis dan ditandai dengan penarikan diri secara sosial, kekakuan sosial, sangat pemalu, dan sering mengalami kesulitan di sekolah meskipun IQnya normal...

weleh2, aku sedikit banyak pernah mengalami semua itu dan sekarang lagi dalam masa2 penyembuhan... gak tahu gimana, kok bisa ya kayak gitu... yang paling aku inget salah satu sebabnya karena aku merasa sangat kesulitan dalam belajar waktu masuk semester satu dulu... aku merasa belajar di kedokteran sangatlah berat... belum lagi aku ada masalah dalam pergaulan yang sampai sekarang belum pernah aku ceritakan sama siapa2... paling hanya sama segelintir orang, itu pun hanya yang bener2 aku percaya saja... Menurutku sih semua orang punya kemungkinan untuk mengalami gangguan psikotis atau skizofrenia... tinggal bagaimana orang itu memilih... masalahnya, dulu aku milih pilihan yang salah atau tidak tepat sehingga hasilnya adalah aku mengalami pengalaman gangguan psikosis ini... sehingga sampai sekarang aku masih harus minum obat abilify yang diindikasikan untuk skizofrenia... yah, gpp lah, yang penting aku masih bisa mengikuti apa yang harus aku ikuti... thank God, You Are so good to me...

Besok kalo sudah masuk koas gimana ya? Mampukah aku? Sanggupkah aku? Maukah aku? Hmmm... butuh kasih karunia Tuhan yang teramat sangat besar nih...

Tidak ada komentar: