Kamis, 08 Mei 2008

Tentang Kerasukan Roh Jahat, Hmmm...

Akhirnya selesai juga baca buku pengantar psikologi dan konseling Kristen untuk jatah hari ini... Aku dapat hal2 menarik di dalamnya, salah satunya adalah mengenai gejala2 kerasukan roh jahat... berikut ini adalah beberapa gejala kerasukan roh jahat yang bisa dibedakan dari masalah psikologis:

1. Orang yang kerasukan roh jahat memiliki kekuatan di luar kekuatan manusia (bisa ngangkat mobil, cabut pohon, dll kali ya)
2. Orang yang kerasukan roh jahat bereaksi negatif terhadap nama Yesus Kristus, sedang orang yang mengalami masalah psikologis biasanya memberi respons yang positif (gimana kalo orangnya punya keyakinan non Kristen?)
3. Ada perubahan suara ketika roh jahat berbicara (cewek bisa bersuara cowok, cowok bersuara cewek, dll)
4. Orang yang kerasukan roh jahat bisa melakukan tindakan yang supernatural (terbang, main silat, dll)
5. Orang yang kerasukan berbicara logis, sedang orang yang mengalami masalah psikologis kadang2 tidak (gampang dibedakan).
6. Orang yang kerasukan kadang2 memiliki sejarah masa lalu mengikuti kegiatan okultisme, seperti terlibat dalam acara menghubungi orang mati atau pemyembahan Iblis (makanya jangan main2 jelangkungan)
7. Orang yang kerasukan tidak memberi respon terhadap terapi (kasih saja obat2 penenang dosis tinggi seperti Haldol untuk memastikan apakah orangnya kerasukan apa tidak)
8. Banyak penulis dalam bidang itu menyimpulkan bahwa orang Kristen yang sudah lahir baru tidak bisa dirasuk roh jahat (lihat II Kor 6:14), meskipun orang Kristen bisa dicobai dan bahkan ditindas oleh Iblis.(hmmm... no comment)

Jika ada kecurigaan seseorang telah dirasuk roh jahat, konselor harus:
1. yakin bahwa ia sudah mengenal Kristus sebagai Juru Selamat pribadinya;
2. mendorongnya untuk berhenti memberikan perhatian kepada "roh jahat" atau "suara";
3. menasihati bahwa Kristus lebih besar daripada roh jahat mana pun (1 Yoh 4:4); dan
4. membantunya bertumbuh dalam Kristus melalui firman, doa dan persekutuan dengan orang Kristen yang stabil.

Hmmm, berhubung besok koasnya di bagian jiwa, aku harus bersiap-siap menghadapi segala kemungkinan yang bakal aku hadapi nih... Belajar menghadapi pasien yang unik2 masalahnya, dan siap2... siapa tahu ada yang kesurupan beneran... mana dosennya ada yang nggak percaya blas akan hal kesurupan... hmmmm... butuh hikmat dari Tuhan nih... God help me please... amin...

Tidak ada komentar: