Sabtu, 26 Juli 2008

Kalibawang Minggu Pertama

Kalibawang oh Kalibawang... tempatku dan teman2 sekelompokku yang baru berK3M ria bersama-sama selama enam minggu... Selama enam minggu itu kami harus berjibaku di tengah2 masyarakat dusun Padaan Wetan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan yang ada dan memberikan intervensi supaya ada peningkatan... Sekarang sudah berjalan selama seminggu... Seminggu yang penuh dengan suka, dukanya masih minim, belum ada bahkan... Kami masih mengenali lingkungan sekitar kami... Kami baru merencanakan bakal meneliti tentang malaria yang akhir2 ini katanya mulai merebak lagi... masih belum tahu judulnya apa dan mau menggunakan instrumen apa... Rencananya minggu depan kami sudah harus selesai membuat proposal... makanya Sabtu sampai Senin ini kami pulang ke Jogja untuk mencari bahan2 materi dan referensi...

Kejadian menarik yang kami alami adalah waktu dua hari pertama kami datang... kami diberi obat Klorokuin sebagai profilaksis/pencegahan malaria dengan dosis sebanyak 4-4-2, 4 butir dimakan di hari pertama, 4 butir hari kedua, dan 2 butir hari ketiga... Hari pertama kami minum waktu siang hari... efeknya hanya mengantuk saja... Hari kedua, aku minum pagi hari dengan efek hampir pingsan dan mual muntah di Puskesmas sehingga aku nggak bisa kerja apa2, cuma berbaring aja... Masih hari kedua, siangnya teman2ku pada minum obat dengan efek yang mirip denganku sehingga sore sampai malam mereka tepar nggak bisa melakukan apa2... Hari ketiga kami putuskan untuk nggak minum obat yang tinggal 2 butir, sudah kapok dengan efek samping yang luar biasa itu... Hehe... Yah, namanya juga pengalaman pertama minum klorokuin... kalau orang sehat aja efeknya bisa sedemikian parahnya, gimana dengan orang yang sudah sakit malaria ya? Hiii, nggak kebayang deh... makanya jangan sampai sakit malaria, ya... nggak enak....

Tidak ada komentar: